Ini Pesan Gubernur Syamsuar saat Safari Ramadhan di Rohul

Ogas
Selasa, 26 April 2022 | 09:14 WIB
Gubri Syamsuar R24/ogas Gubri Syamsuar

RIAU24.COM -  ROHUL- Gubernur Riau Syamsuar melakukan safari Ramadhan 1443 H di Masjid Jami’ Al-Muawwanah Desa Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Senin malam (25/04).
 
Dalam sambutannya, Gubri menjelaskan kegiatan safari ramadhan bertujuan selain menjalin silaturahmi juga untuk menyampaikan pesan-pesan yang bermanfaat bagi masyarakat. 
Selain itu Gubri juga berharap kecintaan masyarakat kepada syiar keagamaan seperti membaca Al-Quran dan bersalawat terus meningkat.
 

Baca juga: Cegah Ilegal Fishing, Dewan Minta Pemprov Perkuat Anggaran Pengawasan Perairan Riau

“Syiar Al-Quran tetap selalu ada di negeri Melayu kita dan jangan lupa untuk syiar salawat juga diajarkan kepada anak-anak kita,” harapnya.
 
Gubri menambahkan bahwa syiar Al-Quran dan salawat merupakan ciri khas tradisi Melayu yang tidak boleh hilang di Negeri Riau. 
 
“Karena itu termasuk tradisi Melayu kita dan kami ingin menghidupkannya selalu supaya tak kan hilang Melayu di bumi," tegasnya.
 
Ia mengungkapkan bahwa setiap desa saat ini telah diberikan bantuan keuangan untuk menyediakan guru tahfiz yang nantinya bertujuan melahirkan hafiz dan hafizah.
 
Disaat yang sama, Gubri menyebut bahwa di Pekanbaru saat ini telah ada kegiatan remaja yang bernama Kumpulan Qori dan Qoriyah (Kuro).
 

Baca juga: Kejati Riau Terima Tahap II Tersangka Penggelapan Pajak Hingga 3 Miliar Lebih Dari DJP Riau

“Alhamdulillah, di Pekanbaru telah ada perkumpulan remaja yang bernama Kuro, yang merupakan Kumpulan Qori dan Qoriyah, memiliki tujuan untuk mensyiarkan Al-Quran," singkatnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Gubri juga menjelaskan bahwa untuk menyambut Idul Fitri tahun ini, pihaknya tahun ini akan mengadakan Festival Lampu Colok di Kota Pekanbaru.
 
 “Lampu colok ini sebagai  warisan budaya dan sudah di akui oleh nasional. Makanya saya adakan festival ini untuk melestarikannya,” jelasnya.
 
Sementara itu, Gubri Syamsuar mengatakan kepada masyarakat sebelum menuju Masjid tersebut dirinya bersama rombongan menyempatkan untuk meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Artha Mitra Kesuma Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun Kabupaten Rohul. 
 
Ia juga memberikan apresiasi terhadap perkembangan BUMDes yang ada tersebut, karena dulu masih banyak desa-desa yang bahkan belum memiliki BUMDes maka mulai dari tahun 2019 Pemprov memberikan modal untuk desa agar membangun badan usahanya.
 
“ Mulai 2019 kita sudah memberikan modalnya dan terus berlanjut sampai sekarang. Tahun 2020 disiapkan modal sebesar 100 juta dan 2021 sebesar 150 juta. Begitu cara kami untuk membantu desa. Semakin bagus perolehan BUMDes nya semakin majulah desanya,” ungkapnya.
 
Tidak hanya cukup sampai disitu, untuk memberikan kesejahteraan masyarakat Desa Kabun, Gubri telah memberikan bantuan Rumah Layak Huni sebanyak sebelas unit, dan untuk tahun ini Pemprov Riau telah memberikan anggaran untuk membangun insfrastruktur jalan yang nantinya bisa mempermudah akses masyarakat. 
 
“Dengan melakukan perbaikan jalan ini nantinya mengurangi kerusakan pada jalan desa dan akses masyarakat bisa aman.” tutupnya.
 
Menanggapi pernyatan Gubri, Bupati Rokan Hulu Sukiman menyampaikan apresiasi kepada Gubri dan rombongan yang telah menyempatkan waktu untuk kembali melakukan safari ramadhan ke Rohul.
 
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubri Syamsuar karena telah memberikan banyak program-program, dari bantuan untuk BUMDes hingga rumah layak huni sebanyak sebelas unit untuk masyarakat Desa Kabun. 
 
“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Gubernur atas program-program Pemprov Riau yang telah diberikan pada Rohul," pungkasnya.
 
Seperti rutinitas malam Safari Ramadhan sebelumnya, Gubernur Riau juga menyerahkan bantuan dalam bentuk program kemitraan bersama PT. Bank Riau Kepri (BRK) untuk masjid sebesar 25 juta rupiah, bantuan satu unit jam digital untuk masjid dari PT. Bank Riau Kepri, Seribu Paket Santunan Idul Fitri sebanyak 1.432 paket senilai 500 juta rupiah dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Provinsi Riau, Paket Sembako untuk Imam dan Gharim Masjid, serta bantuan langsung dari Gubri 10jt untuk Masjid Jami’ Al-Muawwanah Desa Kabun. 
 


Informasi Anda Genggam


Loading...