Masih Ingat Jokowi Pernah Salah Sebut Provinsi Padang? Ternyata Biden Juga Sempat Alami Hal Serupa

Amerita
Senin, 02 Mei 2022 | 20:56 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM - Presiden AS Joe Biden salah menyebut nama negara. Alih-alih menyebut Suriah, beliau malah menyebut Libya.

Baca juga: Tidak Ada Kebangkitan Tenaga Nuklir Saat Eropa Bergulat Dengan Krisis Energi


Insiden salah sebut itu terjadi pada Juni tahun lalu.

Kala itu, Biden sedang menanggapi pertanyaan dari seorang reporter NBC News di KTT G-7 di Cornwall, Inggris, tentang tindakan apa yang akan diambil pemerintah AS terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. 

“Ada banyak hal yang terjadi di mana kita dapat bekerja sama dengan Rusia. Misalnya, di Libya, kita harus membuka jalan untuk dapat melewati dan memberikan bantuan makanan, ekonomi, maksudku bantuan vital bagi populasi yang benar-benar bermasalah," katanya. 

Baca juga: Biden Mengampuni Ribuan Orang yang Dihukum Karena Kepemilikan Ganja


Biden meyinggung perihal tindakan militer Rusia yang sedang berlangsung di Suriah, tetapi tiga kali keliru dan malah menyebut Libya. 

Hal serupa pernah terjadi dengan presiden kita, Joko Widodo. Alih-alih menyebut Provinsi Sumatra Barat, beliau malah sebut Provinsi Padang. 

"Dan produk-produk yang ada baik yang ada di Provinsi Riau dan Provinsi Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka dalam bersaing dengan produk-produk negara lain," ujar Jokowi kala itu.

Kendati demikian, tampaknya baik masyarakat AS dan dunia tidak menyalahartikan Biden dengan kalimat negatif seperti yang terjadi dengan presiden kita Joko Widodo.

Alih-alih menyebut Biden 'bodoh' atau 'tak memahami masalah', masyarakat memakluminya dan menanggap hal tersebut hanya kekeliruan dan kekhilafannya sebagai manusia biasa.

 


Biden
Informasi Anda Genggam


Loading...