Mengenal Mansa Musa, Orang Terkaya di Muka Bumi yang Berasal Dari Afrika

Rizka
Senin, 02 Mei 2022 | 22:42 WIB
google R24/riz google
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Pendiri Amazon Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia, menurut daftar miliuner Forbes 2019.

Dengan kekayaan senilai kurang lebih USD131 miliar Rp1,87 kuadriliun, ia adalah orang terkaya dalam sejarah dunia modern. Namun ia bukanlah orang terkaya sepanjang masa.

Gelar tersebut dipegang oleh Mansa Musa, penguasa Afrika Barat di abad ke-14 yang amat sangat kaya sampai-sampai saking dermawannya, sedekah yang ia berikan menghancurkan perekonomian suatu negeri.

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Terbangkan 7.000 PMI ke Korea Selatan Tahun ini

Mansa Musa adalah pemimpin kekaisaran Mali pada abad 14. Menyesuaikan dengan tingkat inflasi saat ini, kekayaannya disebut-sebut tak terhingga.

Saat melakukan perjalanan Haji tahun 1324, Mansa Musa membawa iring-iringan 60.000 orang dan 12.000 budak, serta ratusan kilogram emas untuk dibagikan ke orang-orang miskin.

Salah satu peninggalannya yang masih berdiri kokoh adalah masjid lumpur Djinguereber. Menurut guru besar sejarah di Universitas California, Rudolph Butch Ware, jumlah kekayaan Mansa Musa jika dihitung di masa kini sungguh luar biasa sampai-sampai hampir mustahil untuk benar-benar memahami betapa kaya dan berkuasanya ia saat itu.

Baca juga: Covid-19 Memperparah Masalah Kesehatan Mental Anak-anak Dari Wilayah yang Terpinggirkan

Jacob Davidson pernah menulis tentang raja Afrika pada tahun 2015, Mansa Muda lebih kaya daripada yang orang bayangkan.

Pada tahun 2012, situs web AS Celebrity Net Worth memperkirakan jumlah kekayaan Mansa Musa berada di angka US$400 miliar atay sekitar Rp5,72 kuadriliun, namun sejarawan ekonomi satu suara bahwa kekayaannya tak mungkin diejawantahkan ke dalam angka.


Informasi Anda Genggam


Loading...