Kisah Dua ABG Jadi Tukang Bersih Makam TPU Tegal Alur, Mereka Lakukan Demi Bantu Ekonomi Orang Tua

Devi
Jumat, 06 Mei 2022 | 21:52 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Ini kisah dua ABG yang mengharukan. Di usia yang masih remaja, tak menyurutkan semangat Naufal (11) dan Indra (16) untuk mencari nafkah dengan menjadi jasa penyiram bunga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Aur.

Sehari hari, dua ABG yang masih sekolah tersebut membantu peziarah dalam mengurus makam. Dua ABG ini kerjanya menjadi tukang bersih makam, juga menyirami bunga.

Baca juga: Pengakuan Jeje Seleb Tiktok yang Pernah Dicabuli Oleh Tukang Kebun di Rumahnya



"Di sini kerjanya nyiram bunga sama ngebersihin rumput, manggilin ustad, manggilin tukang pacul, bantu nyariin kuburan juga bloknya berapa," kata Naufal kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

Menurut Naufal yang rumahnya dekat dengan TPU Tegal Alur, ada banyak anak anak yang memang membuka jasa membantu warga ataupun peziarah perihal makam.

"Di sini ada banyak yang kerja, kayak sekitar 100 bocah lebih," ucapnya.

Baca juga: Wow! Nathalie Holscher Ikut Kurban, Pilih Sapi Seberat 900 Kilogram



Naufal sendiri saat ini masih duduk di bangku sekolah kelas 5 SD. Sementara Indra sudah putus sekolah dan bekerja sebagai marbot masjid dan menerima jasa membersihkan makam.

Keduanya melakukan pekerjaan itu demi membantu ekonomi orang tuanya. Adapun, keuntungan yang dia dapat dari hasil jasa membersihkan makan dan membantu peziarah cukup lumayan.

"Orang yang kita bantu biasanya ngasih Rp 5 ribu sama sama Rp10 ribu. Ppaling gede Rp 50 ribu," ungkap Naufal dan Indra.

Pada hari raya lebaran saja, Naufal mengaku mendapat uang ssbanyak Rp 1 juta dari hasil membantu peziarah membersihkan makam keluarganya.

"Hari kedua Rp300 ribu. Lebaran sebelum korona Rp200 ribu. Saya dateng jam 7 pagi sampe abis amghrib. Uangnya dikaish ke ibu sama buat jajan dikit. Sama ibu jadi dikasih hape buat sekolah," beber Naufal. 


Kisah Viral
Informasi Anda Genggam


Loading...