Muncul dalam Serial Terbaru Marvel, Khonsu Dewa Bulan Mesir Ternyata Seorang Kanibal

Rizka
Senin, 09 Mei 2022 | 10:27 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Penggemar MCU (Marvel Cinematics Universe) pasti sudah tidak asing lagi dengan Khonsu sang Dewa Bulan dari Mesir. Sebab, dewa ini muncul dalam serial terbaru Marvel bertajuk Moon Knight.

Kehadiran Khonsu dan beberapa dewa lain di serial yang dibintangi Oscar Isaac ini didasarkan pada Mitologi Mesir. Lalu, bagaimana keberadaan Khonsu bagi masyarakat Mesir di kehidupan nyata?

Nama Khonsu berasal dari bahasa Kibti yang artinya adalah penjelajah. Beberapa penerjemah menafsirkan bahwa makna "penjelajah" dalam nama Khonsu punya keterikatan terhadap bulan. Khonsu adalah seorang dewa penjelajah yang hadir bak bulan yang menjelajahi langit malam dan memberikan cahaya yang menuntun umat manusia di bumi meski di malam yang sangat gelap.

Khonsu pertama kali disembah di Thebes, sebuah kota pada jaman Mesir kuno, dari tahun 1650-2055 SM. Masyarakat Thebes percaya bahwa penampilan fisik Khonsu seperti manusia berkepala elang. Kemudian, pakaian yang ia kenakan terlihat seperti mumi, balutan kain melilit di tubuhnya.

Baca juga: Respon Sejumlah Tokoh Soal Kode Rambut Putih Jokowi, Dari Iwan Fals Hingga Ulama

Ia juga digambarkan sebagai sosok berbadan besar yang selalu membawa tongkat dengan ujung berbentuk bulan sabit. Namun, di salah satu spot di kuil Karnak, Khonsu juga digambarkan sebagai seekor ular raksasa.

Dalam serial Moon Knight, Khonsu diberkati sebuah kekuatan untuk menyembuhkan. Hal itulah yang membuat Marc Spector selalu selamat dari kematian berkat jubah yang diberikan oleh Khonsu. Bukan tanpa alasan, rupanya Khonsu juga memang dipercaya oleh masyarakat Thebes sang pemujanya sebagai dewa penyembuhan, lho. Selain itu, Khonsu juga kerap dipercayai sebagai dewa kesuburan, hal ini berkaitan dengan bulan yang identik dengan datangnya menstruasi pada wanita.

Dilansir study.com, diketahui bahwa Khonsu merupakan anak dari Dewa Amun dan Dewa Mut yang juga merupakan dewa pada mitologi Mesir kuno. Amun dan Mut adalah salah satu dewa yang paling populer pada jaman kerajaan Mesir kuno.

Mut dikenal sebagai sang pencipta semesta, sementara Amun dikenal sebagai udara. Sama seperti Khonsu, Mut dan Amun memiliki kuil khusus pemujaan mereka yang berada di komplek Kuil Karnak.

Baca juga: Jason Momoa Berperan Melawan Kartel Narkoba, Inilah Sinoopsis Film Braven

Meski jadi salah satu protagonis di serial Moon Knight, Khonsu dipercaya sebagai sosok dewa yang kanibal. Ia berani melahap dan memusnahkan lawannya, meskipun sang lawan juga adalah seorang dewa.

Walau begitu, Khonsu juga dipercaya sebagai pemandu dan pelindung umat manusia. Terutama saat malam hari tiba dan bulan bersinar terang.


Informasi Anda Genggam


Loading...