5 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah Setelah Berhubungan Suami Istri

Devi
Sabtu, 14 Mei 2022 | 08:46 WIB
Ilustrasi R24/dev Ilustrasi

RIAU24.COM -  Nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang mengganggu. Apalagi jika disebabkan setelah bercinta bersama pasangan Anda. Karena rasa nyeri ini, seseorang mungkin menghindari berhubungan seks yang dampaknya tidak hanya pada kondisi fisik, tetapi juga pada komitmen dan keharmonisan hubungan.

Saran Michael R. Marks, MD., MBA., juru bicara American Academy of Orthopedic Surgeon, orang dengan nyeri punggung kronis harus berbicara terbuka pada pasangannya dan segera berkonsultasi pada dokter ahli. Ada banyak faktor yang memengaruhi masalah nyeri punggung. Tutur Marks, mereka yang memiliki masalah nyeri punggung kronis sering memiliki penyakit radang sendi di tulang belakang. Beberapa pasien yang baru pulih dari operasi punggung mungkin juga mengalami kendala yang sama.

Baca juga: 5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket

Berdasarkan rekomendasi Marks, berikut cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami nyeri punggung bagian bawah setelah bercinta.

1. Bicaralah secara terbuka dengan pasangan Anda

Mengutip WebMD, Jumat, 13 Mei, mengenai sakit punggung dan masalah dalam bercinta di antara pasangan, sangat penting untuk didiskusikan. Sebab perlu penyesuaian memilih posisi yang tepat untuk mencegah nyeri punggung dialami lagi.

Lauren Hebert, DPT., OCS., terapis fisik dan penulis Sex and Back Pain, mengatakan bahwa Anda tak perlu takut mendiskusikan dengan pasangan. Ketakutan justru melumpuhkan keintiman bersama pasangan. Sebaliknya, pasangan yang terbuka dengan masalahnya akan lebih mudah mencari solusi bersama dan prosesnya lebih menyenangkan.

2. Lakukan tindakan pencegahan

Beberapa pencegahan bisa dilakukan, saran Marks, dengan mandi air hangat sebelum berhubungan seks bisa mengurangi risiko kejang otot. Olahraga fisik juga perlu dilakukan, serta kurangi melakukan aktivitas berat.

3. Coba posisi baru

Untuk membuat seks lebih nyaman, pasangan perlu mengubah posisi mereka. Ini membutuhkan pengetahuan serta kesepakatan setiap pasangan. Orang-orang dengan masalah cakram punggung, biasanya akan lebih nyaman berada di bawah. Kuncinya, pastikan punggung disokong dengan baik dan melakukan posisi yang pas. Misalnya dengan menambahkan bantal pada bagian bawah punggung.

Baca juga: 10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui

4. Tahu kapan harus berhenti

Terkadang sakit punggung tidak terjadi saat berhubungan seks, tetapi setelahnya. Mungkin Anda melakukan posisi yang salah, atau terlalu lama di posisi tertentu, dan rasa sakit akan dialami setelahnya. Jadi, saran Herbert, Anda harus mewaspadai dan mengevaluasi ketika merasa sakit setelah bercinta. Jika mengalaminya, batasi aktivitas seksual yang menyebabkan sakit dan lakukan dengan tingkat intensitas yang aman.

5. Konsultasikan pada dokter

Apabila nyeri punggung bawah sering dialami meski telah mencoba posisi baru dan melakukan aktivitas seksual yang aman, maka konsultasi pada dokter paling direkomendasikan. Karena tak menemukan faktor penyebabnya, penting bagi Anda dan pasangan untuk mendapatkan solusi tepat dari ahli.


Informasi Anda Genggam


Loading...