Peringatan ANRI di Riau, Pekanbaru Raih Penghargaan Sangat Inovatif dalam Mengelola Kearsipan

Ogas
Kamis, 19 Mei 2022 | 10:33 WIB
Peringatan ANRI di Riau, Pekanbaru Raih Penghargaan Sangat Inovatif dalam Mengelola Kearsipan R24/ogas Peringatan ANRI di Riau, Pekanbaru Raih Penghargaan Sangat Inovatif dalam Mengelola Kearsipan
Bea Cukai

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Sepanjang satu dekade ini ada banyak prestasi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di bidang perpustakaan dan arsip. Serangkaian prestasi pun ditorehkan selama kepempimpinan Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Pekanbaru, Nelfiyonna menyampaikan prestasi tersebut yakni Juara II Nasional Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA pada tahun 2015. Ia menyebut bahwa apda tahun yang sama berlangsung pembangunan website dispusip.pekanbaru.go.id.

Website milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di bangun pada tahun 2015 dengan domain awal adalah bpa.pekanbaru.go.id berisi tentang profil dinas, berita dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dispusip Kota Pekanbaru. Namun seiring dengan perubahan nomenklatur yang sebelumnya badan berubah menjadi dinas maka domain websitenya juga berubah menjadi dispusip.pekanbaru.go.id. Kemudian pada tahun 2016 dinas menggagas perpustakaan digital yang diberi nama iPekanbaru. Ia menyebut bahwa iPekanbaru adalah plikasi perpustakaan digital atau ePustaka Pemko Pekanbaru berbasis android.

Perpustakaan yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun tanpa kendala ruang dan waktu dan kendala distribusi. Masyarakat bisa mengakses dengan sistem keanggotaan, peminjaman dan pengembalian yang mudah bagi semua anggota.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus pada tahun 2016 meraih Nugra Jasa Dharma Pustaloka Kategori. Penghargaan bergengsi dari Perpustakaan Nasional yang diberi nama Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka diberikan kepada Walikota Pekanbaru yang dinilai memiliki konstribusi yang sangat besar dalam pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerahnya.


Pemerintah kota pada tahun itu menerima mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Satu tahun kemudian pada tahun 2017 ada hibah Mobil Perpustakaan Keliling dari CSR Angkasa Pura II.

Kemudian pada tahun 2017 ada Pembuatan Radio Online Belacan (Belajar dalam Canda). Radio internet yang juga dikenal sebagai web radio, net radio, streaming radio atau e-radio adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet.

Ada juga BI Corner di Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru sejak tahun 2018 silam. Pada tahun yang sama Pemerintah Kota Pekanbaru meraih audit kearsipan eksternal dengan Kategori Baik.

Baca juga: Resmikan Pelayanan KTA Satpam di MPP, Kapolda Riau Puji Inisiatif Dirbinmas dan Tim

Capaian ini seiring pengesahan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan KearsipanPemerintah Kota Pekanbaru pada tahun 2019 silam. Bahkan di tahun yang sama Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Kemudian pada tahun 2021 digagas hadirnya Pojok Baca Digital (Pocadi) di RTH Kaca Mayang. Peresmian Pocadi ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita yang dilakukan Wali Kota Pekanbaru,

Perpustakaan Umum Pekanbaru juga terus berbenah seiring tambahan sarana komputer dan Pojok Baca Digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pemerintah kkta juga melakukan perluasan gedung perpustakaan.

Baca juga: Ditutup Sementara, Pj Walikota Puji Management Holywings Pekanbaru

Sementara di tahun 2022 dilakukan peluncuran Aplikasi Srikandi oleh Walikota Pekanbaru. Alikasi Sistem Kearsipan Dinas Terintegrasi atau Srikandi yang diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru .

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus juga mendapat penghargaan sebagai Perpustakaan Rujukan. Ada juga Penghargaan kearsipan kepada Wali Kota Penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Kepala Daerah (Walikota Pekanbaru) yang bak diserahkan oleh Menteri PAN RB pada hari Rabu tanggal 18 Mei 2022 di Hotel Pangeran atas dedikasi, dukungan dan komitmennya yang tinggi terhadap Penyelenggaraan Kearsipan di Pemerintah Kota Pekanbaru dalam upaya mendorong terwujudnya penyelenggaraan kearsipaan yang komprehensif dan terpadu. (Kominfo)


ANRI Pekanbaru
Informasi Anda Genggam


Loading...