119 Pengungsi Rohingya Sudah Menuju Pekanbaru dari Aceh

Ogas
Kamis, 19 Mei 2022 | 10:39 WIB
Kepala Kesbangpolinmas Kota Pekanbaru R24/ogas Kepala Kesbangpolinmas Kota Pekanbaru
Bea Cukai

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Sebanyak 119 pengungsi Rohingya sudah bergerak dari aceh ke Pekanbaru, Rabu (18/5). Proses pemindahan ratusan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru tersebut merupakan pemindahan tahap pertama.

"Jadi pemindahan untuk tahap pertama rencananya besok sudah sampai di Kota Pekanbaru," papar Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.

Para pengungsi Rohingya tersebut bakal diberangkatkan dengan penerbangan pertama dari Medan ke Pekanbaru. Mereka mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru sebanyak empat penerbangan.

"Jadi satu penerbangan membawa 31 hingga 35 orang, total ada empat penerbangan," ujarnya.

Baca juga: Resmikan Pelayanan KTA Satpam di MPP, Kapolda Riau Puji Inisiatif Dirbinmas dan Tim


Proses pemindahan akan langsung ditinjau oleh Satgas PPLN Pusat di bawah Kemenkopolhukam RI. Total ada 119 orang pengungsi asal Rohingya bakal dipindahkan ke Pekanbaru.

Tim PPLN juga menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi. Lokasi akomodasi tersebut berbeda dengan akomodasi pengungsi saat ini.

Baca juga: Ditutup Sementara, Pj Walikota Puji Management Holywings Pekanbaru


Zulfahmi menyebut bahwa pempatan para pengungsi nantinya di Wisma D'COP 2. Wisma itu berada di Jalan Ciptasari, Kelurahan. Tangkerang Selatan.

Tim Pengawasan Pengsungsi Luar Negeri (PPLN) di Kota Pekanbaru mengikuti rapat koordinasi akhir terkait pemindahan pengungsi asal Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru. Rapat itu dihadiri langsung oleh Kepala Pelaksana Harian Satgas PPLN Nasional, Brigjen Bambang Pristiwanto dan Direktorat Kewaspadaan Nasional Kemendagri. (Kominfo)


Informasi Anda Genggam


Loading...