Kenakan Baju Berlabel Z, Pesenam Rusia Ini Disuruh Kembalikan Medali dan Hadiah Uang

Amerita
Kamis, 19 Mei 2022 | 10:58 WIB
google R24/ame google
Bea Cukai

RIAU24.COM - Pesenam asal Rusia, Ivan Kuliak (20), dijatuhi hukuman skors selama setahun setelah mengenakan baju dengan simbol “Z”.

Baca juga: Rekap Hasil Malaysia Open 2022, Viktor Hingga Apriyani Ukir Sejarah Baru di Badminton Dunia


Simbol Z dijumpai di tank dan kendaraan militer Rusia saat perang melawan Ukraina. Yang karena nya dengan mengenakan simbol tersebut, Ivan dinilai memberikan dukungannya terhadap invasi di Ukraina.

Kuliak mengenakan baju bersimbol itu saat upacara medali Piala Dunia, di Doha, Qatar, Maret lalu.

Baca juga: Sejarah Baru Terukir di Final Piala Dunia 2022 Qatar Mendatang, Apa?


Selain hukuman skors, Kuliak juga diminta untuk mengembalikan medali perunggu yang berhasil didapatnya dalam kompetisi itu.

“Kuliak didiskualifikasi dari Piala Dunia FIG Doha dan dia diminta untuk mengembalikan medali perunggu dan hadiah uang $500 franc Swiss,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan Badan olahraga internasional Senam.

Dalam sebuah foto yang diambil saat acara, tampak Kuliak berdiri di samping peraih medali emas dari Ukraina, Illia Kovtun.

Kuliak, mantan juara all-around junior nasional yang tidak bertanding di Olimpiade Tokyo, dapat mengajukan banding atas keputusan federasi itu dalam waktu 21 hari.

Kuliak dinilai melanggar undang-undang federasi disiplin, etika, kode etik dan peraturan teknis.

Hukuman itu mendapat reaksi keras dari ketua Komite Olahraga Rusia, Dmitry Svishchev.

“Sangat mengejutkan bagi saya bahwa huruf alfabet dimasukkan dalam daftar larangan oleh federasi internasional dan penyelenggara turnamen di Doha,” katq Dmitry.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...