Hutan Purba Ditemukan Di Dasar Lubang Surgawi Raksasa Di Tiongkok

Devi
Senin, 23 Mei 2022 | 14:15 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Penjelajah gua di Cina Selatan baru-baru ini menemukan hutan kuno di dasar lubang pembuangan . Lubang runtuhan sedalam 192 meter (630 kaki) telah melindungi hutan purba seluas tiga lapangan sepak bola panjangnya . Pohon di hutan purba ini bisa menyentuh ketinggian 40 meter (130 kaki).

Pemerintah China mengatakan bahwa itu adalah salah satu dari 30 lubang pembuangan raksasa di kabupaten itu. 

Baca juga: Ribuan Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir yang Semakin Mengerikan di Sydney

Dalam bahasa lokal, lubang pembuangan disebut "Tiankeng" yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Lubang Surga". Sinkhole ini adalah yang terbesar di county ini - panjangnya 306 meter, lebar 150 meter, dan dalamnya 192 meter.

Hutan Purba Ditemukan Di Bawah Raksasa

Apa yang kita ketahui tentang hutan sinkhole?

Lubang runtuhan ini ditemukan oleh penjelajah gua di luar desa Ping'e di Kabupaten Leye di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok Selatan. Pada 6 Mei, para penjelajah menyentuh dasar lubang dan menemukan pohon dan tanaman kuno, kata siaran pers Guangxi.

Hutan Purba Ditemukan Di Dasar Lubang Tenggelam '<a href=Lubang Surgawi' Raksasa Di Tiongkok" src="https://im.indiatimes.in/content/2022/May/Capture_6288ca39ce157.PNG?w=653&h=377&cc=1" style="height:377px; width:653px" />

Dalam percakapan dengan kantor berita negara Xinhua, Zhang Yuanhai, seorang insinyur senior di Institut Geologi Karst dari Survei Geologi China mengklaim bahwa lubang pembuangan itu memiliki tiga gua di dindingnya bersama dengan hutan primitif yang terpelihara dengan baik di bagian bawah.

Baca juga: Sempat Kena Kontroversi, Jisoo BLACKPINK dan Drama Snowdrop Masuk Nominasi Blue Dragon Series Awards 2022

“Saya tidak akan terkejut mengetahui bahwa ada spesies yang ditemukan di gua-gua ini yang belum pernah dilaporkan atau dijelaskan oleh sains sampai sekarang,” kata Chen Lixin, pemimpin tim ekspedisi yang berjalan kaki berjam-jam untuk mencapai dasar lubang pembuangan.

Setiap bentang alam yang terbentuk oleh lubang runtuhan disebut bentang alam karst, yang terbentuk ketika batuan dasar larut menjadi air tanah. Ini menyiratkan bahwa daerah tersebut memiliki serangkaian lubang pembuangan dan gua. Gua khusus ini jarang terjadi, meskipun dengan kedalamannya, ada cukup cahaya untuk memungkinkan pertumbuhan pohon.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...