Ketua Komisi IV Minta Anggota DPR RI Syamsurizal Jangan Asbun Menyikapi Tentang Hibah Proyek MCC

Riko
Rabu, 25 Mei 2022 | 17:24 WIB
Parisman Ihwan R24/riko Parisman Ihwan
Bea Cukai

RIAU24.COM - Anggota DPR RI Syamsurizal mengatakan dana hibah Millenium Challenge Compact (MCC) dari Pemerintah Amerika Serikat untuk pembangunan infrastruktur di Pekanbaru dibatalkan. Namun pernyataan tersebut dibantah oleh anggota DPRD Riau.

Baca juga: Silpa Riau Capai Rp1 Triliun, Kelmi Amri: Bukti Kita Tidak Mampu Menyusun APBD

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Riau Parisman Ihwan, sesuai penjelasan yang didapatnya dari Bappeda Riau terkait usulan proyek jalan lingkar Tenayan Raya Tim MCC menyimpulkan, sangat sulit bagi MCC untuk berinvestasi pada proyek yang sudah dimulai.

Karena proyek tersebut tidak memenuhi aspek lingkungan dan akan menyebabkan kerusakan lingkungan, belum memenuhi kriteria proyek percontohan, dan sangat tidak mungkin untuk menarik pembiayaan dari sektor swasta.

"Adanya kekhawatiran terhadap proses konsolidasi tanah dan adanya kekhawatiran terhadap permintaan akan jalan yang terlalu tergesa-gesa pada kawasan industri tenayan,"ujar Parisman. Rabu (25/5/2022).

Menurut Parisman, sesuai pemberitahuan kepada pihaknya di Legislatif, pemerintah telah mengusulkan proyek baru yakni peningkatan jalan teluk Meranti - Sebekek Guntung Inhil sepanjang 95,96 KM, peningkatan Jalan Lingkar Pulau Rupat sepanjang 34,91 km karna pulau rupat masuk dalam KSPN di Provinsi Riau.

Kemudian Pembangunan Dermaga Dua Tanjung Kapal, Pembangunan Dermaga Dua Dumai, Peningkatan Jalan Bagan Siapi-api Teluk Piyai (Kubu) sepanjang 20,2 km, pembangunan Jalan Lipat Kain - Lubuk Agung - Batu Sasak sepanjang 63,93 km dan Pembangunan Jalan Mahato - Manggala sepanjang 16,30 km.

"Jadi bukan dibatalkan, tetap ada proyek hibah MCC itu di Riau, hanya saja dialihkan titiknya ke lokasi yang tentunya juga dibutuhkan masyarakat,"ujar Parisman.

Baca juga: DPRD Riau Minta Pemerintah Adakan Pasar Murah Untuk Stabilkan Kenaikan Kebutuhan Pokok

Untuk itu perlu ditegaskan, tidak ada pembatalan hibah MCC , pemerintah dan legislatif provinsi Riau sangat mendukung hibah MCC, dan  berjuang bersama sama gubernur untuk hibah MCC ini bisa terlaksana secepatnya.         

"Perkembang terakhir dari MCC usulan untuk jalan lingkar Pekanbaru ada beberapa kriteria harus kita siapkan dan kita usulkan lagi , jadi semua pasti mendukunglah hibah MCC. Kepada Syamsurizal minta jangan asal bunyi (asbun) menyikapi dana hibah ini,"pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...