Hubungan Antara Anies Baswedan, Soekarno dan Sepak Bola

Azhar
Kamis, 26 Mei 2022 | 13:53 WIB
Anies Baswedan saat berada di lapangan. Sumber: Bisnis.com R24/azhar Anies Baswedan saat berada di lapangan. Sumber: Bisnis.com
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Presiden RI pertama Soekarno kerap menjadikan sepak bola sebagai alat perjuangan politik mengangkat martabat Indonesia.

Kala menjabat, Soekarno sadar betul bahwa sepak bola dan nasionalisme memiliki keterkaitan dan persamaan dikutip dari rmol.id.

Terbukti prestasi sepak bola Indonesia di era Soekarno dapat dibanggakan.

Baca juga: Kumpulan Celoteh Cak Imin Vs Yenny Wahid Soal PKB dan Gus Dur

Rupanya, keterkaitan dengan sepak bola diteruskan oleh Anies Baswedan. Gubernur DKI dalam politiknya membangun lima stadion sepakbola bertaraf internasional.

"Bahagia itu kalau bisa main sepak bola, motoran, sepedaan barangkali dulu itu, tapi ketika pandemi bukan, bahagianya ketika Jakarta kematian nol, duh sujud sykur kita. Kematian hari itu nol, alhamdulillah. Mungkin aneh ya, tapi itulah kenyataannya yang saya rasakan," sebutnya.

Anies Baswedan juga memasukan nilai kebanggaan rakyat Indonesia di hadapan dunia Internasional dalam bentuk pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Baca juga: Apa Hasil Pertemuan Antara Jokowi dan Presiden Ukraina Zelensky?

Anies Baswedan bahkan menyebut stadion ini merupakan pembuktian ucapan Soekarno.

Anies Baswedan menyebut Bung Karno pernah mengatakan Bangsa Indonesia pasti mampu membuat karya besar yang diakui oleh dunia.


Informasi Anda Genggam


Loading...