RAPP Raih Penghargaan P2 Covid-19 dan K3 dari Kemnaker

Devi
Jumat, 27 Mei 2022 | 10:21 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM - Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali memberikan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Award. Tujuan program ini untuk memotivasi kepada perusahaan-perusahaan, aparat pemerintah dan semua level dalam menerapkan program K3.

Tahun 2022 ini, Kemenaker, memberi apresiasi terhadap pemerintah daerah (gubernur) dan perusahaan yang telah berhasil menyelenggarakan dan menerapkan program K3 dengan baik. Salah satu penerima penghargaan adalah Perusahaan raksasa di Riau, yakni PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). 

Baca juga: Canggih! Pusat Digitalisasi dan Inovasi PHR Dukung Peningkatan Produksi Blok Rokan

Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap RAPP atas pencapaian tertinggi dalam penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam periode tahun 2021-2022.

Selain penghargaan K3 dan Program Penanggulangan HIV AIDS, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) juga diganjar penghargaan sebagai perusahaan yang berhasil dalam melakukan Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 (P2 COVID-19).

Kemnaker memberikan penghargaan ini karena RAPP meraih pencapaian tertinggi dalam penanggulangan Covid-19. Di mana sejak pandemi berlangsung, RAPP selalu konsisten dan hadir ditengah-tengah masyarakat.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ida Fauziyah yang diterima Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, Imron Rosyadi, Direktur RAPP Moch HD Ali Shabri Nasution, Selasa (24/5/2022) di Hotel Bidakara, Jakarta.

"PT RAPP sebagai salah satu perusahaan di Riau yang berhasil menerapkan K3 dengan baik. RAPP juga merupakan perusahaan yang nihil kecelakaan (zero accident)," ujar Menakertrans, Ida Fauziyah di sela-sela acara.

Baca juga: Bupati Inhil Hadiri Khutbatul Arsy Pondok Pesantren Daarul Rahman Tembilahan

RAPP kata dia, juga berhasil dalam melakukan Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 (P2 COVID-19) dan berhasil menjalankan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan program HIV-AIDS.

Ida Fauziyah juga mengharapkan, agar seluruh perusahaan yang menerima penghargaan K3, kiranya prestasi yang sudah diraih bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan program-program K3 di masing-masing daerah.

"Karena itu, perusahaan yang telah meraih penghargaan K3 bisa terus mempertahankan, dan mudah-mudahan bisa lebih baik lagi, teruslah berkoordinasi dengan dinas terkait, termasuk dengan pengawas dan pembina di daerah," pesannya.

Kadisnakertrans Riau, Imran Rasyadi juga mengaku bangga dan bersyukur RAPP menjadi satu-satunya perusahaan dari Riau yang tahun ini mendapat penghargaan. 

"Kami atasnama Pemerintah Provinsi Riau, tentu bangga. Kemudian, kami juga mengakui bahwa RAPP sangat pantas mendapatkan apresiasi atas capaian K3 dan penanggulangan Covid-19," ucapnya.

Ia berharap, capaian tersebut nantinya dapat ditiru dan dicontoh oleh perusahaan- perusahaan lainnya. 

"Tahun ini hanya RAPP,  mudah-mudahan tahun depan banyak perusahaan yang menyusul," tandasnya.

Sementara itu, Direktur RAPP Moch. HD Ali Sabri Nasution mengungkapkan rasa bahagianya atas penghargaan dari Kemenaker tersebut. 

"Pertama tentu bangga, bahagia dan sangat berterima kasih sekali kepada Kemenakertrans, Pemerintah Provinsi Riau,  dan masyarakat Riau tentunya, yang telah mendukung dan mensuport kami," ujarnya.

Terlebih lagi kata Ali Sabri, perusahaannya bukan kali ini saja meraih penghargaan tersebut. Hal itulah yang membuktikan bahwa PT RAPP, benar-benar konsisten dalam menjalankan aturan K3.

"Komitmen dan konsistensi adalah tekad kami dalam melaksanakan program - program keselamatan bagi karyawan kami," tukasnya.

Dijelaskan dia, RAPP juga berhasil dalam melakukan Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 (P2 COVID-19). 

"Bahkan RAPP satu-satunya perusahaan yang bertindak cepat dengan melakukan pengadaan peralatan, penerapan Prokes, prngadaan Rapid Test, PCR hingga Vaksin. Semua kita lakukan terus menerus dan Alhamdulillah berhasil," tegasnya. 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...