UEFA Akan Selidiki Kekacauan Liga Champions

Devi
Selasa, 31 Mei 2022 | 08:23 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM UEFA mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka membuka "laporan independen" ke dalam kekacauan keamanan sebelum final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid di Stade de France di Paris. Badan sepak bola Eropa mengatakan laporan itu akan "memeriksa pengambilan keputusan, tanggung jawab dan perilaku semua entitas yang terlibat di final".

UEFA telah menunjuk politisi Portugal Tiago Brandao Rodrigues untuk mengawasi laporan secara pro bono yang penyelesaiannya akan mereka putuskan atas tindakan.

"Bukti akan dikumpulkan dari semua pihak terkait. Temuan laporan independen akan diumumkan," kata UEFA.

Baca juga: Bima Sakti Beberkan Kunci Sukses Timnas Indonesia U-16: Gak Salat Denda Rp100 Ribu

Brandao Rodrigues telah menjabat sebagai Menteri Pendidikan Portugis, adalah anggota Badan Anti-doping Dunia dan atase Olimpiade Portugal selama Olimpiade 2012 di London. Prancis pada hari Senin menyalahkan penipuan tiket "besar-besaran" untuk adegan kacau yang merusak final Liga Champions pada hari Sabtu yang melihat Real Madrid mengalahkan Liverpool 1-0.

Namun pemerintah Prancis telah menghadapi rentetan kritik dari pers dan politisi di Inggris atas pengaturan pertandingan. Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan Liverpool telah memberi para pendukung mereka tiket kertas, bukan elektronik, yang memungkinkan kemungkinan apa yang dia sebut sebagai "penipuan besar-besaran dalam skala industri".

Lebih dari dua pertiga tiket yang diberikan oleh sekitar 62.000 pendukung Liverpool adalah palsu, tambah menteri itu.

Baca juga: Mengenal Sambo, Olahraga Bela Diri yang Ditekuni Atlet Legendaris Khabib Nurmagomedov!

“Saya ingin mengatakan sekali lagi bahwa keputusan yang diambil mencegah kematian atau cedera serius,” kata Darmanin kepada wartawan setelah mengadakan pertemuan darurat, Senin.

Pendukung Liverpool terkena gas air mata setelah menunggu dalam antrian besar sebelum pertandingan melawan Real Madrid di Stade de France, dengan masalah akses yang menyebabkan penundaan kickoff 36 menit.

UEFA awalnya menyalahkan kedatangan penggemar yang terlambat atas keterlambatan tersebut sebelum kemudian mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan masalah tersebut pada tiket palsu.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...