Tahukah Anda, Inilah Sniper Canggih Buatan Indonesia yang Namanya Sudah Sampai Ke Jordania

Devi
Minggu, 05 Juni 2022 | 20:02 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Perkembangan industri alutsista Indonesia kian tahun makin kelihatan progresnya. Hal ini tidak terlepas dari usaha pemerintah ingin menggenjot industri tersebut. Alhasil, tiap tahunnya selalu ada alutsista jenis baru yang kecanggihannya tak kalah dengan luar negeri.

Seperti sniper baru buatan PT Pindad ini, bernama SPR 2 dan ternyata namanya bahkan sudah sampai ke Jordania. Uniknya, senjata ini ternyata punya spesifikasi yang tak kalah dengan buatan luar negeri loh. Nah biar nggak penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Akibat Lomba Balap Karung, Perempuan di Tasikmalaya Meninggal Dunia 



Perkembangan alutsista buatan Indonesia bisa dibilang tidak kalah dengan negara lainnya. Buktinya, senapan SPR 2 besutan PT Pindad ini menarik perhatian banyak orang ketika ditampilkan dalam eksbisi senjata di Jordania. Bagaimana tidak, SPR 2 ini ternyata punya kemampuan untuk melesatkan pelurunya hingga menembus kendaraan baca milik musuh.

Dilansir dari laman Detik, kemampuan luar biasa ini diperoleh karena menggunakan amunisi dengan kaliber 12,7 x 99 mm yang dikenal tangguh dalam menembus baja. Oleh sebab itu, jangankan untuk melawan tentara lawan secara langsung, buat mengincar mereka yang bersembunyi di balik kendaraan pun bisa dilakukan.

Karena masih dalam kategori senjata jenis sniper, tentunya jangkuan jarak tembak SPR 2 haruslah jauh. Dan benar, senjata ini rupanya bisa menembak sasaran bahkan yang berada dalam jarak 2 km jauhnya. Pelurunya pun dapat melesat dengan kecepatan 900 meter per detik dan dipastikan musuh tak akan sempat untuk berkutik.


Satu hal lagi yang membuat akurasi dari senjata buatan Pindad ini sangat bagus adalah karena teknologi rifling yang dimilikinya, yaitu menggunakan delapan grooves RH 381 mm (15″) twist. Alhasil meskipun punya target yang jauh, namun tetap bisa kena sasaran dan minim kemungkinan untuk meleset.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Blue Cheese, Keju Bercak Biru yang Viral di TikTok



Layaknya sniper jenis lainnya, sebagai senjata jarak jauh tentunya harus dilengkapi dengan peredam suara. SPR 2 rupanya juga dilengkapi dengan teknologi tersebut, yaitu dengan adanya alat peredam suara yang dapat menahan kebisingan sampai 20-30 desibel.

Dengan satu magasennya yang dapat memuat lima peluru, tentunya dapat membuat SPR 2 benar-benar jadi pembunuh dalam keheningan. Dimensi dari sniper ini juga lumayan menarik, dengan 1.755 mm dan berat 19,5 kilogram, membuat SPR 2 dapat dibawa dengan mudah dan disembunyikan ketika mengincar musuh. Dengan spesifikasi seperti itu sih wajar banyak negara akan tertarik denganya ya.

Tidak sendiri, ternyata SPR 2 ini punya dua varian yang berbeda. Ya, ada lagi SPR 3 dan SPR 4 yang spesifikasinya hampir mirip, namun diperuntukan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya, kalau SPR 2 digunakan untuk menembak target dengan jarak 2 km, SPR 3 untuk jarak 1 km dan SPR 4 untuk 1,5 km.

Namun untuk segi bobot, SPR 3 disebut paling ringan dengan 6.94 kg, SPR 4 8,1 kg, sedangkan SPR 2 19,5 kg. Kembali lagi, memang masing-masing senjata ini punya kelebihan dan kekurangannya sendiri dan digunakan untuk keadaan-keadaan yang berbeda-beda. Namun satu hal yang pasti, kalau sniper buatan Pindad ini terbukti jadi senjata yang dapat diandalkan.

Dengan adanya varian sniper buatan Indonesia, menjadi bukti kalau negara kita tak ketinggalan. Bagaimana tidak, sebuah senjata jarak jauh yang dapat membunuh dalam sunyi pun dapat diciptakan anak bangsa. Tak menutup kemungkinan kelak kita bisa bersaing dengan negara maju lainnya dalam pembuatan alutsista.


Informasi Anda Genggam


Loading...