Kukuhan Komisioner BAZNAS Siak, Bupati Alfedri: Pemberdayaan Zakat Harus Selaras Dengan Program Pemda

Lina
Selasa, 07 Juni 2022 | 09:48 WIB
Saat pengukuhan Komisioner Baznas Siak R24/lin Saat pengukuhan Komisioner Baznas Siak
Bea Cukai

RIAU24.COM - Bupati Siak Alfedri menyebutkan pengumpulan zakat yang baik saat ini, kedepan bisa ditingkatkan lagi sehingga harapan ketua Baznas yang baru, zakat meningkat bisa terwujud.

Baca juga: Buka Musda ke II IKTD Kabupaten Siak, Ini Harapan Bupati Alfedri

"Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan dalam pengelolaan zakat, pertama menyadarkan umat bagaimana mau membayar zakat dan kedua pemberdayaan umat, ini lebih ditekankan dari segi pendistribusian, pemberdayaan dan pembinaan,"ujar Bupati Alfedri, saat mengukuhkan komisioner BAZNAS Siak, periode 2023-2027 di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak.

Bupati Alfedri menyatakan kedepan program BAZNAS harus sinergi dengan program pemerintah daerah, sehingga lembaga ini bisa mensejahterakan umat.

”Sehingga program yang baik, seperti Siak Peduli, Siak Religius, Siak Sejahtera dan Siak sehat kedepan bisa ditingkatkan, termasuk beasiswa unggulan bagi warga miskin. Dengan memantapkan pendidikan mereka, dan ini sangat dirasakan manfaatnya. Mereka mendapatkan kesempatan bisa bekerja baik di luar maupun dalam daerah,”terangnya.

Melalui pemberdayaan pendayagunaan zakat ini, kata Alfedri tak lain bagaimana mengurangi angka kemiskinan di kabupaten Siak dan membantu Pemkab dalam menaikan angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten Siak yang saat ini Siak di urutan ketiga di kabupaten provinsi Riau.

"Kami berharap kepada komisioner yang baru dikukuhkan bekerjasama dan berkolaborasi dengan semua pihak, zakat bisa terhimpun harus didukungan Pemda, Kemenag, camat, penghulu RT dan RW ,”kata dia.

Ia juga menyebutkan bagaimana pengurus BAZNAS yang baru dapat melihat potensi zakat di kabupaten Siak sangat besar dari zakat perkebunan dan zakat mal.

”Satu keniscayaan apa yang dikatakan ketua baru, 5 tahun dana zakat tembus 40 milyar kabupaten Siak terdapat 342 ribu hektar lahan sawit setengahnya perkebunan milik masyarakat, ini merupakan potensi zakat, apa lagi harga sawit sekarang naik,”tandasnya.

Baca juga: HUT Gerakan Pramuka Ke-61, Kwarcab Pramuka Siak Gelar Apel

Dari lima nama Komisioner BAZNAS kabupaten Siak yang dilantik, tiga di antaranya terdapat wajah baru, berikut nama-namanya, Ketua : H. Samparis Bin Tatan, S.Pd.I, Wakil Ketua I Syukron Wahib, S.Pd.I, M.Pd, Wakil Ketua II H. Sukijo, Wakil Ketua III KH. Moch Sowwam Anis, Wakil Ketua IV Rojikin, S. Ag.(Lin)


Informasi Anda Genggam


Loading...