Berikut Menu Fast Food Terkenal dan Terfavorit Sejak 1946, Ice Cream hingga Pizza

Zuratul
Rabu, 08 Juni 2022 | 10:31 WIB
ilustrasi fast food yang terkenal di dunia hingga kini/net R24/zura ilustrasi fast food yang terkenal di dunia hingga kini/net
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Sejarah makanan akan selalu menarik disimak, termasuk menu-menu dari restoran fast food terkenal. Mulai dari kentang goreng McDonald's hingga donat ikonik Dunkin'.

Sejak puluhan tahun lalu restoran cepat saji (Fast Food) hadir untuk memenuhi selera masyarakat di banyak negara. Dilansir dari food.detik.com, restoran ini jadi favorit karena penyajiannya praktis dan menunya enak.

Baca juga: APR Gandeng Empat Mitra Pamerkan Produk Viscose-Rayon Berkelanjutan di Indo Intertex 2022

Restoran fast food di banyak negara juga menjadi alternatif tempat makan yang aman dari segi harga. Kebanyakan dijual relatif murah dan pas di kantong masyarakat sekitar.

Beberapa menu restoran fast food kemudian amat disukai hingga jadi terkenal. Menu-menu ini bahkan jadi ikon yang selalu dicari seseorang ketika menyambangi restoran fast food.

Sebut saja McDonald's yang punya kentang goreng gurih renyah dan Dunkin' yang terkenal dengan donat empuk manisnya. Menu-menu ini memiliki sejarah menarik di balik kemunculannya.

ini dia 7 sejarah menu fast food terkenal, termasuk yang muncul tahun 1946:

1. Es krim dan milkshake - Dairy Queen – 1946

Dairy Queen adalah  gerai es krim soft-serve terkenal di Amerika Serikat yang berdiri tahun 1940 di Joliet, Illinois. Dairy Queen berdiri tak lama sejak menu es krim diciptakan.

Dairy Queen lantas menjual milkshake super kental yang tidak akan jatuh saat gelasnya dibalik. Bernama Blizzard, menu ini muncul pada 1946. Perkembangan Dairy Queen lantas begitu pesat hingga pada 1947, mereka sudah memiliki hampir 100 grai di Amerika Serikat dengan sistem franchise.

2. Kentang goreng - McDonald's – 1949

Kentang goreng menjadi menu ikonik McDonald's (McD) yang hampir selalu dipesan pengunjung. Kentang goreng menjadi pelengkap sempurna untuk menu burger. Pertama kali menu ini muncul pada 1949.

Sebelumnya McD menawarkan keripik kentang, namun pada tahun tersebut, mereka coba menggantinya dengan kentang goreng yang kita kenal sekarang. Pada tahun ini pula McD memperkenalkan menu Triple Thick Milkshake.

3. Donat - Dunkin' - 1950
Tak lama setelah kemunculan kentang goreng McD, masyarakat di Amerika Serikat dimanjakan dengan hadirnya donat buatan gerai Dunkin' Donuts yang kini dikenal bernama Dunkin'. Gerai donat dan kopi raksasa ini lantas menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Sebelumnya merek Dunkin' beroperasi di bawah nama Open Kettle. Bermula di Quincy, Massachusetts. Ekspansi gerai mereka amat pesat hingga pada 1965, sudah ada lebih dari 100 gerai Dunkin' di Amerika Serikat.

4. Bruger - Burger King - 1954

Menyebut restoran fast food dengan spesialisasi menu burger tak bisa meninggalkan Burger King yang sudah ada sejak 1954. Restoran ini pertama kali dibuka di Miami, Florida. Dahulu namanya Insta-Broiler yang merujuk pada alat utama untuk memasak burger di sini.
Burger panggang buatan Insta-Burger king sangat populer. Untungnya, beberapa tahun kemudian mereka mengubah alat pemanggang burger menjadi jenis flame-broiler, bukan insta-broiler lagi. Karenanya nama 'Insta' yang disematkan di depan Burger King tak dipakai lagi. Nama gerai burger inipun menjadi Burger King.

5. Ayam original - KFC - 1956

Siapa tak kenal fried chicken alias ayam goreng tepung buatan KFC? Varian terpopulernya adalah Original Recipe yang balutan tepungnya lebih lembut dan rasa gurihnya meresap. Menu ini muncul pertama kali tahun 1956.

Colonel Sanders, pencipta KFC, pertama kali membuatnya di pressure cooker. Ia memakai 11 herba dan rempah untuk membuat ayam goreng original KFC. Sanders kemudian menjelajahi berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Ia mampir ke banyak restoran untuk mendemokan cara membuat ayam goreng tepung andalannya hingga membangun sistem franchise yang ternyata amat sukses hingga saat ini.

6. Pizza - Pizza Hut – 1958

Restoran fast food bermenu pizza, Pizza Hut juga punya sejarah yang tak kalah menarik. Restoran ini didirikan dua bersaudara, Frank dan Dan Carney pada 1958 dengan modal USD 600 saja yang dipinjam dari ibunya.

Mereka menekuni bisnis pizza hingga menunya jadi favorit untuk banyak pelajar di dekat Wichita State University. Kesuksesan mengikuti mereka hingga akhirnya selang setahun, mereka mulai membuka franchise.

Baca juga: Tragis! Empat Pria di India Disambar Petir, Begini Kondisinya Saat Ditemukan

7. Pizza pepperoni - Domino's - 1960
Setelah Pizza Hut, muncul restoran fast food pizza tahun 1960 bernama Domino's di Michigan. Restoran yang dulunya bernama DomiNick's ini awalnya hanya menawarkan pizza dalam 2 ukuran, 11 topping, dan 1 minuman yaitu Coca-Cola.

Konsep seperti ini mereka tawarkan hingga akhir tahun 1980-an. Uniknya, dari berbagai pilihan menu yang ada, pizza pepperoni menjadi andalan dan menu paling favorit dari Domino's sampai sekarang.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...