Jasad Eril akan Disucikan, Dikafani dan Disholatkan Sesuai Syariat Islam

Zuratul
Jumat, 10 Juni 2022 | 06:02 WIB
Potret Kebersamaan Eril dan Ridwan Kamil/suara.com/net R24/zura Potret Kebersamaan Eril dan Ridwan Kamil/suara.com/net
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Keluarga Ridwan Kamil berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah menemukan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Keluarga memastikan menindaklanjuti penyerahan jenazah Eril dengan melakukan pemenuhan hak Eril yang wafat sebagai muslim.

Baca juga: Putri Candrawathi Istri FS, Berpotensi Pidana Usai Buat Laporan Palsu Dugaan Pelecehan Seksual

"Hari ini alhamdulillah, KBRI menyampaikan kabar bahwa upaya pencarian (Eril) bertemu kepada takdir yang diharapkan, pertemuan yang diridhoi Allah," ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, Kamis (9/6).

"(Jenazah Eril) akan disucikan dikafani, disalatkan sesuai syariat Islam," sambung Elpi. Dalam kesempatan itu, keluarga berharap jenazah Eril dapat tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6). 

Jenazah putra sulung Ridwan Kamil yang sempat hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss, Emmeril Khan Mumtadz, akhirnya ditemukan pada, Rabu (8/6). Kepastian itu diumumkan pihak kepolisian Swiss kepada CNNIndonesia.com, dan langsung dikonfirmasi oleh KBRI di Swiss, Kamis (9/6).

"Pada Rabu (8/6) pagi, satu jenazah berhasil dievakuasi di pintu air Engehalde, di Bern," demikian pernyataan kepolisian Swiss di situs resmi yang dikirimkan ke surel, sebagai jawaban atas pertanyaan CNNIndonesia.com terkait pencarian Eril.

Eril hanyut terbawa arus saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei lalu. Ia sempat membantu adik dan temannya untuk naik ke permukaan. Namun, Eril tak bisa menahan derasnya arus.

Baca juga: Jadwal Hari Terakhir Kepulangan Jamaah Haji Indonesia dari Tanah Suci

Keluarga RK mengumumkan saat itu Eril tengah mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan S2. Sejak dinyatakan hilang, hingga sepekan lebih Emil bersama istrinya, Atalia, ikut memantau langsung proses pencarian.

Emil ikut menyusuri tepi Sungai Aare. Namun, upaya tim SAR setempat belum membuahkan hasil. Jasad Eril tak kunjung ketemu. Pihak keluarga pun telah mengikhlaskan Eril sudah meninggal.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...