Tahukah Anda, Inilah 5 Alasan Mengapa Rendang Padang Dijadikan Sebagai Makanan Terenak di Dunia

Devi
Sabtu, 11 Juni 2022 | 10:29 WIB
Ilustrasi rendang padang sebagai makanan terenak di dunia R24/dev Ilustrasi rendang padang sebagai makanan terenak di dunia

RIAU24.COM - Masakan khas Minangkabau kembali dibicarakan karena ditemukan warung makan padang yang menjual daging babi di kawasan Kelappa Gading, Jakarta Utara. Menurut Fadli Zon, kreasi kuliner dengan memakai bahan daging babi bisa mencederai citra khas makanan Minang yang halal. Peristiwa ini juga mendapat perhatian dari Wagub DKI dan politikus.

Di sisi lain, rendang padang mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat dunia.

Bukan hanya karena prosesnya yg diolah dengan tidak sebentar. Penasaran dengan alasan kenapa rendang padang sebagai makanan terbaik dunia?

Baca juga: Di Masjid Inilah Rasulullah Lakukan Salat Jumat Untuk Pertama Kalinya

Ini penjelasannya.

1. Punya rasa yang kaya
Ketika sesuap nasi hangat pertama bersama seiris rendang daging, rasa berpendar di dalam mulut. Ada sedikit manis, asin, rasa berbagai rempah, dan samar-samar rasa pedas.

Kekayaan rasa dalam rendang membuatnya berkesan bagi orang yang baru pertama kali mencicipinya. Ini juga yang membuat rendang padang jadi makanan terenak di dunia bersanding dengan masala dosa dari India.

2. Dahulu adalah hidangan untuk kalangan bangsawan
Berdasarkan sejarahnya, rendang padang dikenal sejak abad ke-15 sebagai hidangan khusus kalangan bangsawan. Rendang juga tergologn awet, bahkan bisa disimpan dalam suhu ruangan selama berhari-hari. Ini juga jadi alasan kenapa rendang bisa dibawa bepergian jauh.

3. Punya filosofi yang mendalam
Rendang padang berbahan daging sapi melambangkan Niniak Mamak. Ini punya filosofi yang mana menggambarkan pemimpin suku. Santan kelapa melambangkan Cadak Pandai atau kaum intelektual. Sedangkai cabai melambangkan kaum ulama. Terakhir, bumbu rempah ialah lambang dari masyarakat Minangkabau.

4. Diakui sebagai warisan budaya tak benda
Pada tahun 2013, rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan yang masuk kategori Warisan Tak Benda oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tiga tahun sebelum penobatan tersebut, rendang padang masuk dalam The Most Delicious Food versi CNN International.

Baca juga: 4 Alasan Kesehatan yang Baik Saat Menjadi Seorang Ibu

5. Diolah dari bahan-bahan segar
Kelebihan di negara agraris adalah lebih banyak hasil bumi yang masih segar dan bisa diolah menjadi makanan lezat, seperti rendang padang. Dalam proses memasak rendang, membutuhkan waktu lebih dari enam jam untuk menghasilkan rasa yang kaya. Mulai dari menyiapkan bahan segar hingga siap dihidangkan dan tekstur daging sangat lembut.

Itulah yang alasan kenapa rendang padang merupakan makanan paling enak di dunia. Bahkan chef internasional yang pernah mampir ke Indonesia, Anthony Bourdain, memuji rasa rendang yang tasty. Untuk menikmati rendang padang, side dish apa yang sering bersamaan dihidangkan? Anda bisa mengkreasikan hidangan ala masakan padang, yaitu dengan melengkapinya bersama sayuran daun singkong rebus dan sambal cabai hijau.

 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...