Australia Lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar, usai Melewati Drama Adu Penalti Lawan Peru

Zuratul
Selasa, 14 Juni 2022 | 08:16 WIB
Potret Kebahagiaan Asutralia dalam Playoff Piala Dunia 2022/twitter R24/zura Potret Kebahagiaan Asutralia dalam Playoff Piala Dunia 2022/twitter

RIAU24.COM Hasil pertandingan Timnas Australia vs Peru di playoff antar konfederasi Piala Dunia 2022 sudah diketahui.

Hasilnya, Timnas Australia lolos ke Piala Dunia 2022 usai menang adu penalti atas Peru dengan skor 5-4 pada Selasa, (15/6/2022) dini hari WIB.

Sebelumnya di waktu normal hingga babak tambahan, skor sama kuat 0-0. Ini merupakan keikutsertaan kelima beruntun (2006-2022) Australia di Piala Dunia.

Baca juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Fakta-Fakta Menarik Seputar Tunisia vs Prancis, Les Blues Harusnya Menang dengan Mudah 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Al Rayyan Stadium, di babak pertama, Australia yang sempat menjanjikan di awal justru dikurung Peru. Serangan utama dari Peru kerap kali dilakukan Advincula di lapangan tengah.

Namun, Australia bisa memberi perlawanan di 10 menit pertengahan babak. Terutama dari sisi sayap yang dipimpin M. Boyle kerap memberi umpan berbahaya ke kotak penalti Peru.

Setelahnya penguasaan bola masih lebih banyak dimiliki Peru. Serangan-serangannya sudah sampai ke kotak penalti lawan namun mereka kesusahan dalam melakukan penyelesaian akhir, dilansir dari  okezone.

Adapun Australia serangan-serangnya tak kalah berbahaya. Meski lebih banyak dari serangan balik, Australia mampu membuat pertahanan Peru kocar-kacir. Namun, hingga babak pertama usai, skor sama kuat 0-0.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, kondisi tampak berbalik. Australia kini yang balik mendominasi penyerangan. Sementara itu, Peru beberapa kali melakukan serangan balik.

Beberapa kali para penyerang Australia merepotkan pemain-pemain Peru. Tak jarang mereka harus dijatuhkan walaupun tidak berbuah tendangan penalti.

Penguasaan bola Peru di laga ini mencapai 52 persen. Namun, dari segi pembuatan peluang, Australia mendominasi dengan 10 kali yang dua di antaranya mengarah langsung ke gawang.

Kedua tim saling jual beli serangan hingga akhir. Namun, tak ada satupun gol tercipta sehingga 2x45 menit masih tercatat skor 0-0.

Babak Tambahan

Memasuki 2x15 menit babak tambahan waktu, kedua tim masih saling jual beli serangan. Pertahanan mereka juga masih sama-sama kuat.

Peru meningkatkan intensitas serangan. Mereka mencetak lima kali kesempatan, namun tidak ada yang mengarah langsung ke gawang. Sampai waktu menunjukkan 120 menit belum juga ada gol yang tercipta. Kedua tim melanjutkan laga melalui drama adu penalti.

Baca juga: Cerita Dibalik Selebrasi Emosional Marcus Rashford: Untuk Sahabat yang Meninggal karena Kanker 

Babak Adu Penalti:

Australia:

Martin Boyle (Tidak Gol)

Mooy (Gol)

Goodwin (Gol)

Hrustic (Gol)

Maclaren (Gol)

Mabil (Gol)

Peru:

Lapadula (Gol)

Alexander Callens (Gol)

Advincula (Tidak Gol)

Renato Tapia (Gol)

Flores (Gol)

Valera (Tidak Gol)

Pemenang tidak dapat ditemukan dalam waktu 120 menit pertandngan. Alhasil, penalti menjadi penentu nasib Australia dan Peru dalam pertandingan ini.

Australia tidak memulai babak penalti dengan baik. Sebab, eksekutor penalti pertama mereka, Martin Boyle, gagal mencetak gol.

Untungnya, dua pemain Peru, yakni Luis Advincula dan Alex Valera, juga gagal mengeksekusi penalti. Australia pun lolos karena menang 5-4 dalam babak penuh keberuntungan ini.


Informasi Anda Genggam


Loading...