Gubrak Sejarah Sejak 15 Tahun! Timnas Indonesia Berhasil Melangkah ke Piala Asia 2023

Amastya
Rabu, 15 Juni 2022 | 08:40 WIB
timnas Indonesia/IG:PSSI R24/tya timnas Indonesia/IG:PSSI
Bea Cukai

RIAU24.COM Timnas Indonesia berhasil menggubrak sejarah selama 15 tahun setelah memastikan diri masuk ke Piala Asia 2023

Pasukan garuda mendapatkan kemenangan mutlak setelah berhasil membobol gawang Nepal 7-0 pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu 15 Juni 2022 dini hari WIB.

Kemenangan atas Nepal ini membuat squad garuda mendapat tiket masuk ke Piala Asia 2023 karena menjadi satu dari lima runner up terbaik turnamen. Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 bersama Yordania yang menjadi juara grup A.

Hasil kualifikasi ini juga membuat timnas menggubrak penantian selama 15 tahun untuk kembali tampil di ajang Piala Asia.

Baca juga: Iwan Bule Mengaku Jantungnya Mau Copot, Kenapa?

Diketahui terakhir kali Timnas Indonesia bermain di putaran final Piala Asia saat menjadi tuan rumah bersama tahun 2007.

Selama pertandingan semalam timnas sudah membuka keunggulan lebih dulu dari Nepal melalui sundulan Dimas Drajad pada menit keenam setelah memanfaatkan umpan dari Asnawi.

Pada menit ke-33 Nepal harus bermain dengan orang pemain karena Suman Aryal menerima kartu kuning keduanya setelah mendapatkan pelanggaran atas duel perebutan bola bersama Asnawi.

Skuad garuda yang unggul dalam jumlah pemain dapat memperbesar keunggulan 2-0 setelah Witan memberikan gol cantik dari umpan terukur yang diberikan Asnawi di menit ke-44.

Dibabak kedua timnas Indonesia memiliki dua peluang emas namun digagalkan oleh Karki.

Akhirnya peluang dapat membuahkan gol untuk tim Garuda pada menit ke-53 dimana Karki membuat kesalahan mengoper bola jatuh di depan Fachruddin Aryanto yang dengan mudah menendang bola ke gawang Nepal, skor menjadi 3-0.

Gol keempat untuk Indonesia didapatkan setelah semenit berselang setelah umpan dari Rafli disambut tendangan dari Saddil.

Pada menit ke-59, Rafli membuang kesempatan emas untuk timnas dan tidak berhasil mencatat namanya di papan skor.

Tim asuhan Shin Tae Yong ini kembali mendapatkan peluang emas berikutnya setelah beberapa detik berselang. Witan memberikan tembakan jarak dekat.

Karki, Kiper dari Nepal membuat timnas gigit jadi karena dirinya mampu membuang dua peluang emas yang didapatkan timnas di menit ke-62 dan menit ke-69.

Diakhir menit babak kedua timnas berhasil menambah dua gol lagi untuk Indonesia yang diberikan oleh Baggott melalui tembakan dari luar kotak penaliti dan Witan menambah gol dari dalam kotak penalti.

Pada menit ke-90, Marselino Ferdinan pemain pengganti dapat mencetak gol ketujuh untuk timnas Indonesia. Hingga laga usai skor akhir menjadi 7-0 untuk timnas Indonesia.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Indonesia vs Myanmar, Siapa yang Akan Lolos ke Final?

Susunan pemain

Timnas Indonesia (3-4-3) : Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Witan Sulaeman.

Nepal (3-5-2): Deep Karki; Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal; Nir Kumar Rai, Pujan Uperkoti, Arik Bista, Santosh Tamang, Sunil Bal; Rajan Gurung, Prince George Karki.

(sumber: cnnindonesia.com)


Informasi Anda Genggam


Loading...