5 Alasan Mengapa Anda Harus Memasukkan Plum Dalam Daftar Diet Anda

Devi
Kamis, 16 Juni 2022 | 09:24 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM - Plum merah termasuk jenis buah musiman yang banyak tumbuh di kawasan Eropa dan Amerika. Buah satu ini dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan sekaligus membantu menurunkan berat badan.
Manfaat buah plum merah diet sering direkomendasikan untuk konsumsi sehari-hari sebagai cemilan sehat. Mengonsumsi buah plum merah segar atau yang sudah dikeringkan, sama-sama menawarkan kandungan nutrisi terbaik bagi tubuh.

Baca juga: Hati-hati! 7 Kebiasaan Ini Bikin Asam Lambung Kamu Naik ke Kerongkongan, Buat Sesak Nafas



Nutrisi Plum Merah

Dilansir dari Healthline, buah plum merah memiliki kandungan sejumlah nutrisi penting. Di antaranya sebagai berikut:
- Kalori: 30 Kkal
- Karbohidrat: 8 gram
- Serat: 1 gram
- Gula: 7 gram
- Vitamin A: 5 persen
- Vitamin C: 10 persen
- Vitamin K: 5 persen
- Kalium: 3 persen
- Tembaga: 2 persen
- Mangan: 2 persen

Dalam setiap satu buah plum merah menyediakan beberapa muatan kecil seperti vitamin B, fosfor, dan magnesium.

Baca juga: Berjuang Dengan Lemak Perut? Anda Cukup Menurunkan Berat Badan Dengan Mengelola Hormon Yang Satu Ini



Manfaat Buah Plum Merah untuk Diet

Selain kaya akan nutrisi penting, plum merah sudah cukup populer sebagai buah diet karena menawarkan banyak manfaat.

1. Indeks glikemiks rendah
Plum merah memiliki kadar indeks glikemiks (GI) rendah. Semakin rendah jumlah GI pada buah tersebut, maka semakin baik karena menurunkan risiko lonjakan gula darah. Tak hanya cocok dikonsumsi saat diet, buah plum merah juga bagus untuk penderita diabetes.

2. Rendah kalori
Buah plum merah dinilai lebih rendah kalori dibanding camilan lain. Tak heran jika manfaat buah plum merah diet begitu dikenal. Dua buah plum merah berukuran kecil (120 gram) mengandung sekitar 60 kalori. Plum juga bisa dijadikan campuran salad atau dikonsumsi dalam versi kering.

3. Kontrol gula darah
Meski karbohidrat buah plum cukup tinggi, jumlah tersebut tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah karena indeks glikemiknya rendah. Plum memiliki sifat mengontrol gula darah karena adanya serat yang berfungsi memperlambat laju penyerapan karbohidrat oleh tubuh setelah makan.

4. Atasi konstipasi
Plum merah mengandung sorbitol yang merupakan gula alkohol dengan manfaat sebagai pencahar alami untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi 50 gram plum setiap hari selama tiga minggu membuktikan laju pencernaan mereka lebih lancar.

5. Kaya antioksidan
Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung dalam plum merah, satu di antaranya merupakan polifenol tinggi sebagai agen antioksidan. Polifenol tersebut memiliki efek positif pada kesehatan tulang, anti-inflamasi, sekaligus membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Buah plum merah sangat cocok dicampur ke dalam beberapa menu makanan diet sehat. Anda bisa mencoba membuat smoothie, jus atau salad berbahan buah plum. Meski manfaat buah plum merah diet memang terbukti ada, Anda tetap harus mengontrol konsumsinya dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Konsumsi berlebih berisiko meningkatkan asupan kalori.
 


Buah Plum
Informasi Anda Genggam


Loading...