Biohibrida: Ilmuwan Kembangkan Kulit untuk Robot agar Terlihat Lebih Seperti Manusia

Amastya
Jumat, 17 Juni 2022 | 13:42 WIB
Ilustrasi/pexels R24/tya Ilustrasi/pexels
Bea Cukai

RIAU24.COM - Para ilmuwan telah mengambil lompatan lain untuk membuat robot terlihat lebih seperti manusia dengan mengembangkan kulit seperti manusia untuk robot.

Ilmuwan tersebut mengumpulkan jari robot yang ditutupi dengan kulit hidup dengan membiakkan satu bagian jaringan kulit yang mengelilingi jari robot.

Studi tersebut mengatakan penelitian itu menghasilkan pergeseran paradigma dari robotika tradisional menjadi robot biohibrida. 

Para peneliti mengatakan kulit menutupi jari robot dengan erat dan memiliki kekuatan dan elastisitas yang cukup untuk menahan deformasi.

Baca juga: Pasar Ini Sediakan Pria-Pria yang Siap Jadi Suami, Berminat?

Studi tersebut menyimpulkan bahwa robot biohybrid menunjukkan kemampuan sensorik yang superior termasuk konversi energi dan fungsi perbaikan diri seperti makhluk hidup.

Pengembangan terobosan dapat membantu dalam menciptakan prostetik yang lebih baik meskipun ilmuwan yang terkait dengan penelitian tersebut mengatakan masih kekurangan beberapa fitur canggih dari kulit yaitu folikel rambut, kuku dan neuron sensorik tetapi dalam penelitian lebih lanjut robot bisa terlihat seperti manusia.

Kulit robot diciptakan ilmuwan dengan mengambil jari robot dan menenggelamkannya dalam silinder dengan larutan khusus yang memiliki kondisi yang tepat untuk menumbuhkan kulit.

Solusinya mengandung kolagen yang merupakan protein yang membantu elastisitas kulit termasuk ‘fibroblas dermal manusia’ dalam bentuk sel-sel kulit yang membantu menempatkan kulit di jari robot.


Informasi Anda Genggam


Loading...