5 Buah yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Jus, Ada Mangga dan Alpukat

Zuratul
Rabu, 22 Juni 2022 | 13:58 WIB
Ilustrasi/tirto.id R24/zura Ilustrasi/tirto.id
Bea Cukai

RIAU24.COM - Mangga dan alpukat kerap diolah menjadi jus. Tapi, siapa sangka jika kedua buah tersebut sebenarnya tak disarankan dibuat jus?
Faktanya, memang ada beberapa buah yang tidak bisa dibuat jus. Saat dijadikan jus, kandungan nutrisi pada buah akan rusak.

Pada dasarnya, konsumsi buah-buahan memang bisa menutrisi tubuh. Beberapa orang mengolahnya menjadi jus agar lebih nikmat saat disantap.

Baca juga: Tahukah Kamu! Kopi Bisa Menurunkan Risiko Diabetes dan Mencegah Gula Darah Tinggi

Namun sebenarnya, akan lebih baik jika anda mengonsumsi buah dalam keadaan utuh. Nutrisi pada beberpa buah ini akan hilang ketika di jadikan jus.

Berikut daftar buah yang sebaiknya jangan dijadikan jus.

1.   Pisang

Pisang mengandung nutrisi penting seperti potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium dan serat. Rasanya yang manis dan mudah dikomunikasi membuat pisang cocok dijadikan menu sarapan atau camilan sehat.

Anda tak disarankan untuk mengolah pisang, seperti dibuat jus. Pasalnya, pisang tidak memiliki cukup cairan di dalamya.

2.   Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu sumber lemak tak jenuh yang sehat. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin c, folat dan kalium.

Sama seperti pisang, alpukat juga tak disarankan diolah menjadi jus. Pasalnya, alpukat memiliki konsistensi lembut dan tidak berair. Kondisi ini membuat alpukat sulit untuk mengeluarkan ekstrak jus.

3.   Mangga

Buah yang sebaiknya tak dibuat jus lainnya adalah mangga. Padahal, jus mangga menjadi minuman segar saat cuaca panas.

Buah mangga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan pencernaan, hingga menurunkan risiko kanker.

Meski begitu, mangga tak bisa diolah secara sembarangan. Untuk bisa diolah, mangga memiliki tekstur yang terlalu lembut dan mudah hancur. Jika pun mau, olah mangga dalam kondisi beku.

Baca juga: Hati-Hati, Minum Teh Sehabis Kehujanan Bisa Berakibat Fatal

4. Ceri

Ceri merupakan buah yang kaya serat, protein, vitamin A, dan vitamin C. Seperti buah beri lainnya, ceri juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit kronis.

Buah satu ini sebaiknya tak dijadikan jus karena teksturnya yang lembek dan kecil. Namun, Anda bisa menggunakannya sebagai pelengkap atau hiasan sebuah sajian.

5.  Blueberry

Sebagai buah rendah kalori, blueberry cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, antioksidan, dan mineral.

Alih-alih dibuat sebagai jus, Anda bisa mengolah blueberry sebagai smoothie.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...