Virus Polio Ditemukan di Limbah London Untuk Pertama Kalinya Sepanjang 40 Tahun, Membuat Inggris Waspada

Devi
Kamis, 23 Juni 2022 | 12:42 WIB
Foto : IndiaTimes R24/dev Foto : IndiaTimes
Bea Cukai

RIAU24.COM - Pejabat kesehatan di Inggris, Rabu, memperingatkan orang tua untuk memastikan anak-anak mereka telah divaksinasi polio setelah virus yang menyebabkan penyakit itu ditemukan dalam sampel limbah London dalam beberapa bulan terakhir.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan mereka yakin virus itu “berasal dari vaksin,” yang berarti berasal dari seseorang yang menerima vaksin polio hidup di luar negeri. Orang itu kemudian akan menularkan virus ke individu yang terkait erat di London, yang menumpahkan virus ke dalam kotoran mereka. Inggris berhenti menggunakan vaksin polio oral hidup pada tahun 2004 dan beralih ke versi yang tidak aktif.

Polio, yang secara resmi diberantas di Inggris pada tahun 2003, dapat menyebabkan kelumpuhan dalam kasus yang jarang terjadi dan dapat mengancam jiwa.

Baca juga: Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Pihak berwenang menekankan bahwa risiko terhadap publik secara keseluruhan "sangat rendah." Mereka menambahkan bahwa virus hanya terdeteksi dalam sampel limbah, dan tidak ada kasus kelumpuhan yang dilaporkan.

Namun, mereka meminta orang untuk memeriksa apakah anak-anak mereka telah divaksinasi lengkap dan menghubungi dokter mereka jika tidak yakin. “Sebagian besar penduduk Inggris akan dilindungi dari vaksinasi di masa kanak-kanak, tetapi di beberapa komunitas dengan cakupan vaksin yang rendah, individu mungkin tetap berisiko,” kata Dr. Vanessa Saliba, ahli epidemiologi di badan kesehatan tersebut.

“Virus polio yang diturunkan dari vaksin berpotensi menyebar, terutama di masyarakat yang penyerapan vaksinnya lebih rendah,” katanya.

Baca juga: Proses Terbentuknya Batu Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Pihak berwenang sedang menyelidiki tingkat penularan komunitas dan telah menetapkan "insiden nasional" untuk memeriksa kasus-kasus di tempat lain sebagai tindakan pencegahan.

Menteri Kesehatan Sajid Javid mengatakan dia "tidak terlalu khawatir" tentang berita itu. Vaksin polio diberikan kepada bayi kecil di Inggris sebagai bagian dari vaksin kombinasi. Diberikan lagi sebagai booster pada usia 3 tahun dan pada usia 14 tahun.

Kasus terakhir infeksi polio alami yang didapat di Inggris adalah pada tahun 1984.


Informasi Anda Genggam


Loading...