Google Siap Membayar untuk Layanan Wikipedia yang Lebih Baik

Amastya
Kamis, 23 Juni 2022 | 13:33 WIB
Google /pexels R24/tya Google /pexels
Bea Cukai

RIAU24.COM - Raksasa teknologi pencarian Google membuat keputusan mengejutkan untuk membayar layanan Wikipedia yang lebih baik. Hal ini disebabkan analis industri berpikir pasar untuk layanan ensiklopedia dapat menciptakan narasi pertumbuhan baru di tahun-tahun mendatang. 

Google membuat keputusan sebagai bagian dari tren yang meningkat di perusahaan komputer AS untuk mengadakan perjanjian bisnis dengan organisasi web lainnya.

Melalui kerja sama terbuka dan sistem penyuntingan berbasis wiki, komunitas sukarelawan membuat dan mengelola Wikipedia yaitu ensiklopedia online multibahasa gratis.

Wikipediawan adalah istilah kolektif untuk kontributor individu, sering dikenal sebagai editor. Sumber referensi terbesar dan terpopuler dalam sejarah adalah Wikipedia.

Baca juga: Hati-hati Pengguna Android! Malware Ini Dapat Menguras Dompet Seluler Anda Dengan Mematikan Wi-Fi Anda

Pada 2022, Wikipedia menduduki peringkat ke-7 situs web paling populer. Peringkat tersebut secara konsisten merupakan salah satu dari 10 situs web teratas menurut Similarweb dan Alexa sebelumnya. Hal itu diselenggarakan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat yang didukung terutama oleh donatur.

Organisasi nirlaba yang menjalankan Wikipedia, Wikimedia Foundation, mengumumkan bahwa cabang nirlabanya, Wikimedia Enterprise, memiliki pelanggan pertama yang membayar, yaitu Google. 

Layanan komersial akan diberikan tanpa biaya kepada The Internet Archive, sebuah organisasi nirlaba yang mengoperasikan Wayback Machine, sebuah situs web yang mengarsipkan tangkapan layar halaman web dan digunakan untuk memperbaiki tautan Wikipedia.

"Kami senang bisa bekerja dengan mereka berdua sebagai mitra lama kami," kata Lane Becker dari Wikimedia dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Baca juga: iPhone 13 Mini Pink, Hadir di Indonesia Dengan Banyak Keunggulan

Fakta bahwa sumber informasi tidak selalu ditampilkan telah menimbulkan keberatan dari Wikimedia. Google sebelumnya telah memberikan hibah dan donasi ke Wikipedia.

"Kami telah lama mendukung Wikimedia Foundation dalam mengejar tujuan bersama kami untuk memperluas pengetahuan dan akses informasi bagi orang-orang di mana saja," kata Tim Palmer dari Google.

Nilai kesepakatan Google tidak diungkapkan dalam pengumuman yayasan.

Pada hari Selasa, Google dan regulator Prancis mencapai kesepakatan tentang kerangka kerja bagi perusahaan Amerika untuk membayar organisasi berita untuk konten, mengakhiri ketidaksepakatan yang sudah berjalan lama. Google mengklaim memiliki perjanjian dengan ratusan organisasi berita di seluruh dunia.


Informasi Anda Genggam


Loading...