Khasiat Jahe Merah Bila Dikonsumsi Secara Rutin

Hilda Sari Wardhani
Kamis, 23 Juni 2022 | 14:56 WIB
Jahe merah memiliki banyak khasiat yang membantu kesehatan tubuh/net R24/hilda Jahe merah memiliki banyak khasiat yang membantu kesehatan tubuh/net
Bea Cukai

RIAU24.COM - Rempah jahe memiliki banyak khasiat pada makanan, minuman ataupun untuk kesehatan.

Adapun jenis jahe yang banyak ditemukan dan dikenali adalah jahe putih, jahe putih kecil dan jahe merah yang memiliki khasiat tersendiri.

Tahukah kamu, ternyata jahe merah memiliki khasiat untuk kesehatan. Belakangan ini pun jahe merah banyak ditemukan dalam campuran makanan, minuman ataupun obat-obatan kemasan.

Artikel ini akan memberikan khasiat jahe merah jika rutin dikonsumsi oleh manusia. Mulai dari meningkatkan imunitas dan pencegahan diabetes dikutip dari beberapa sumber.

Baca juga: Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Kenali jahe merah

Jahe merah merupakan jahe yang memiliki aroma lebih tajam dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Itu karena jahe merah memiliki kandungan yakni sejumlah senyawa yang berkhasiat untuk obat. Jahe ini juga termasuk salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu dalam mencegah penyakit.

Khasiat jahe merah

1. Menambah stamina tubuh

Jahe merah dapat digunakan untuk menjaga stamina tubuh dan menghilangkan nyeri otot. Jahe merah juga dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah yang tinggi dan meningkatkan aliran darah. Hal tersebut dapat terbantu dan membuat stamina tubuh kembali aktif.

2. Mencegah masalah pencernaan

Jahe merah dan jahe putih bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan.  Jahe merupakan obat herbal alami yang sering digunakan untuk kelancaran buang air besar. Kandungan dalam jahe merah juga mampu melindungi sistem pencernaan dari bakteri

3. Meningkatkan kesuburan pria

Kabar baik, jahe merah memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan seksual pria. Sebuah penelitian UGM memberikan penjelasan bahwa minyak atsiri jahe merah memiliki efek afrodisiak. Afrodisiak ini sendiri merupakan zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh.

4. Menurunkan asam urat

Jahe merah mampu menurunkan asam urat. Jahe merah termasuk ke dalam 10 daftar tanaman herbal yang efektif untuk mengobati asam urat menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jahe merah membantu mengurangi peradangan sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Dalam penelitian pada tahun 2017. Kompres menggunakan jahe merah yang dilakukan secara rutin bisa mengurangi skala nyeri asam urat.

5. Meredakan nyeri haid

Anti radang yang terdapat pada jahe merah dipercaya bisa membantu meredakan nyeri haid yang parah. Riset membuktikan bahwa potensi manfaat jahe merah hampir sama dengan efektifnya dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

6. Mencegah bakteri pada mulut

Jahe merah efektif menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan dapat digunakan sebagai obat kumur agar mulut terhindar dari bakteri.

Baca juga: Proses Terbentuknya Batu Ginjal dan Faktor Penyebabnya

7. Menjaga kesehatan jantung

Melalui penelitian Eropa, jahe merah memiliki kandungan asam klorogenat yang dapat mengurangi beberapa faktor resiko penyebab penyakit kardiovaskular. Jahe merah membantu mengurangi resiko hipertensi, aterosklerosis dan gagal jantung.

Meski dianjurkan mengkonsumsi jahe merah secara rutin namun sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu. Beberapa kondisi yang harus diperhatikan yakni, ibu hamil dan menyusui, pengidap penyakit jantung akut dan hal lainnya yang harus ditanyakan langsung pada ahli kesehatan.


Informasi Anda Genggam


Loading...