Wina Rebut Kembali Posisinya Sebagai Kota Paling Layak Huni No 1 di Dunia!

Amerita
Jumat, 24 Juni 2022 | 22:39 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi
Bea Cukai

RIAU24.COM - Menurut laporan Unit Intelijen Economist, Wina telah merebut kembali gelarnya sebagai kota paling layak huni di dunia.

Baca juga: Bisa Mendamaikan Perselisihan, Ini 4 Keistimewaan Bersedekah yang Wajib Kamu Ketahui


Kota di Austria itu memegang peringkat tertinggi pada 2018 dan 2019, namun turun ke posisi 12 tahun lalu karena COVID-19, yang membuat museum dan restoran kota ditutup.

"Stabilitas dan infrastruktur yang baik adalah daya tarik utama kota bagi penduduknya, didukung oleh perawatan kesehatan yang baik dan banyak peluang untuk budaya dan hiburan," kata laporan tahunan tentang rebound di Wina.

Baca juga: Misteri Kota Gaib di Indonesia, Ari Lasso Heran Penontonnya Sempat Hilang


Peringkat kelayakan hidup sebagian besar didorong oleh pandemi COVID-19. Jadi saat pembatasan dicabut, begitu pula skor. Tapi kemudian terjadi sebaliknya untuk kota-kota seperti pemenang tahun lalu, Auckland, yang turun dari posisi teratas.

Kota-kota Eropa mendominasi, terhitung enam dari sepuluh tempat teratas. Kanada memiliki tiga dalam sepuluh besar: Calgary, Vancouver dan Toronto. Osaka Jepang dan Melbourne Australia terikat untuk tempat kesepuluh.

Los Angeles adalah salah satu "penggerak terbesar naik peringkat" pada tahun lalu, berada di urutan ke-37.

Selain pandemi, perang di Ukraina juga memengaruhi peringkat. Ibu kota Ukraina, Kyiv, tidak dimasukkan setelah Rusia menginvasi negara itu. Kota-kota Rusia Moskow dan St. Petersburg turun peringkatnya karena "sanksi Barat" dan "penyensoran". 

"Kedua kota mencatat penurunan skor karena meningkatnya ketidakstabilan, penyensoran, pengenaan sanksi Barat dan perusahaan menarik operasi mereka dari negara itu," tulis laporan itu.

Laporan EIU dilakukan dari Februari hingga Maret, dan peringkat untuk setiap kota didasarkan pada faktor di lima kategori: stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

Berikut adalah sepuluh kota layak huni teratas EIU:

1. Wina, Austria

2. Kopenhagen, Denmark

3. Zurich, Swiss

4. Calgary, Kanada

5. Vancouver, Kanada

6. Jenewa, Swiss

7. Frankfurt, Jerman

8. Toronto, Kanada

9. Amsterdam, Belanda

10. Osaka, Jepang dan Melbourne, Australia


Austria
Informasi Anda Genggam


Loading...