Rusia Berhasil Duduki Severodonetsk, Walikota Ukraina Akui ini Konflik Darat Terbesar Sejak Perang Dunia II

Zuratul
Minggu, 26 Juni 2022 | 07:42 WIB
Perang Ukraina - Rusia/twitter R24/zura Perang Ukraina - Rusia/twitter
Bea Cukai

RIAU24.COM - Pasukan Rusia telah sepenuhnya menduduki Severodonetsk, ujar  walikota kota Ukraina timur.

Membenarkan kemunduran medan perang terbesar Ukraina selama lebih dari sebulan setelah berminggu-minggu pertempuran untuk mempertahankan kota strategis dan simbol terbaru perlawanan Ukraina.

Baca juga: Militer Rusia Dapat Pasokan Senjata Baru Jenis Sniper

Rudal Rusia juga menghujani bagian barat, utara dan selatan negara itu pada Sabtu sebagai konflik darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II memasuki bulan kelima.

Jatuhnya Severodonetsk yang pernah menjadi rumah bagi lebih dari 100.000 orang, dan sekarang menjadi gurun puing-puing oleh artileri Rusia, suatu kemenangan terbesar Moskow sejak merebut pelabuhan Mariupol bulan lalu.

Jatuhnya kota mengubah medan perang di timur Ukraina di mana keunggulan besar Moskow dalam senjata sampai sekarang hanya menghasilkan keuntungan yang lambat.

"Kota ini sekarang berada di bawah pendudukan penuh Rusia," kata Wali Kota Oleksandr Stryuk di televisi nasional. 

Dia mengatakan siapa pun yang tertinggal tidak bisa lagi mencapai wilayah yang dikuasai Ukraina, karena kota itu secara efektif terputus.

Baca juga: SM Entertainment Sebut Aespa Kunci Kesuksesan Perusahaan di Masa Depan

Dikutip Aljazeera, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan upaya Ukraina untuk mengubah pabrik kimia Azot di kota itu menjadi pusat perlawanan lain telah digagalkan.

“Sebagai hasil dari operasi ofensif yang sukses, unit-unit milisi rakyat LPR [Republik Rakyat Luhansk], dengan dukungan pasukan Rusia telah sepenuhnya membebaskan kota-kota Severodonetsk dan Borivske,” ujarnya mengakhiri.


Informasi Anda Genggam


Loading...