Vladimir Putin Lakukan Kunjungan Asing Pertama Sejak Invasi ke Ukraina, Negara Mana Saja yang Dikunjungi?

Amastya
Senin, 27 Juni 2022 | 10:53 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin /net R24/tya Presiden Rusia, Vladimir Putin /net
Bea Cukai

RIAU24.COM Presiden Rusia, Vladimir Putin akan memulai kunjungan luar negeri pertamanya sejak invasi Ukraina. Putin akan mengunjungi dua negara bekas Soviet di Asia Tengah minggu ini.

Konflik Ukraina, yang dijuluki sebagai 'operasi militer khusus' oleh Rusia, telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal dan menyebabkan sanksi keuangan yang berat dari Barat. Putin mengatakan sanksi ini adalah alasan mengapa Rusia harus membangun hubungan yang kuat dengan negara-negara seperti China, India, dan Iran.

Pavel Zarubin, koresponden Kremlin dari stasiun televisi pemerintah Rossiya 1, mengatakan bahwa Putin akan mengunjungi Tajikistan dan Turkmenistan dan kemudian bertemu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo untuk melakukan pembicaraan di Moskow.

Baca juga: Rumah Ini Tetap Berdiri di Tengah Jalan Layang Meski Terancam Digusur

Di ibukota Tajikistan, Dushanbe, Putin akan bertemu dengan Presiden Imomali Rakhmon, yang merupakan sekutu dekat Rusia. Dia juga penguasa terlama di bekas negara Soviet.

“Di Ashgabat, dia akan menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kaspia termasuk para pemimpin Azerbaijan, Kazakhstan, Iran dan Turkmenistan,” kata Zarubin.

Putin juga berencana mengunjungi kota Belarusia Grodno pada 30 Juni dan 1 Juli untuk mengambil bagian dalam forum dengan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko.

Perjalanan terakhir Putin yang diketahui di luar Rusia adalah pada saat kunjungan ke Beijing pada awal Februari.


Informasi Anda Genggam


Loading...