1.200 Buah Durian Habis Saat Gebyar Makan Durian Bantan di Desa Berencah Bantan

Dahari
Senin, 27 Juni 2022 | 10:56 WIB
Wabup Bengkalis dan Gubenur Riau saat menghadiri gebyar durian R24/hari Wabup Bengkalis dan Gubenur Riau saat menghadiri gebyar durian
Bea Cukai

RIAU24.COM -BENGKALIS - Musim buah Durian saat ini hampir merata di Kabupaten Bengkalis. Dipenghujung musim durian, seperti pemerintah desa Berancah, Kecamatan Bantan berinisiasi menggelar Gebyar Makan Durian, Minggu 26 Juni 2022 kemarin.

Kegiatan yang mendapat perhatian khusus dari Gubernur Riau H. Syamsuar dan Bupati Bengkalis Kasmarni tersebut sukses terselenggara. Sekitar kurang lebih 300 tiket pengunjung Gebyar Makan Durian ludes terjual dengan paket Rp 100 ribu, makan durian ditempat dengan sepuasnya.

Pemerintah Desa Berancah juga melaksanakan lelang durian dan kontes durian untuk menyemarakkan lagi kegiatan tersebut. Sebelumnya, kegiatan ini pernah diselenggarakan di Desa Selatbaru. Namun, kali ini Desa Berancah menggagasnya bersama masyarakat petani durian.

Baca juga: Soal Gaji Tak Kunjung Dapat, Ratusan Karyawan Geruduk Kantor Personalia PT Meskom Agro Sarimas

Dilokasi kegiatan, terlihat semarak. Pasalnya Gubernur Riau H. Syamsuar bersama rombongan dari Pemprov Riau hadir membuka kegiatan Gebyar Makan Durian. Dalam sambutannya, Syamsuar mengaku sangat senang menikmati suasana Desa Berancah, yang dikelilingi pohon-pohon durian kampung.

“Suasana begitu terasa di kampung ini, rumah-rumah masyarakat terlihat ada pokok durian yang sedang berbuah. Ini menjadi perhatian kita, sehingga disini kami menyerahkan 1.000 batang bibit durian, yang diperuntukkan bagi masyarakat desa,"ungkap Gubri Syamsuar.

Sementara itu, Kepala Desa Berancah Turadi mengatakan, pada dasarnya di Desa Berancah ini rata-rata rumah tangga memiliki pohon durian. Kebetulan musim Durian tiba dan rata-rata pohon Durian masyarakat berbuah dengan hasil, yang lebih banyak. Sehingga, ia bersama masyarakat berinisiatif menggelar kegiatan Makan Durian bersama, melalui Gebyar Makan Durian.

Kemudian, sambung Turadi, Gebyar ini disertai dengan kegiatan kontes Durian, untuk menambah varietas Durian terbaik. 

Baca juga: Ketua Komisi III DPRD Bengkalis Didampingi Sekda Bustami HY Hadiri RUPM

“Alhamdulillah, hampir rata-rata buah Duriannya bagus, untuk lebih bagus lagi maka adakan kontes Durian, untuk mencari atau menambah varietas Durian.  Kami mohon dukungan semua pihak, karena kita sudah mendapatkan Durian terbaik,”ungkapnya.

Kegiatan ini juga, sambungnya, peran serta masyarakat sangat mendukung dengan adanya masyarakat, yang mau menyumbangkan buah Durian untuk kegiatan ini. Ditambah lagi, dengan adanya bantuan bibit Durian berkualitas dari Pemprov Riau.

“Perkembangan Durian terus di ikuti oleh masyarakat desa, sehingga diharapkan bantuan bibit yang diberikan dengan 2 -3 tahun bisa berbuah, tentunya menjadi semangat masyarakat petani Durian, ini akan kita kawal. Khusus hari ini saja, kita siapkan 1.200 Durian untuk kegiatan, mulai dari paket Durian keluarga, lelang Durian dan dimakan bersama. Durian ini benar-benar segar, karena baru dipanen dan jatuh dari pohonnya,”pungkasnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...