Haji 2022: 5 Tips Bagi Jemaah Indonesia Jika Tersesat di Masjidil Haram

Amastya
Rabu, 29 Juni 2022 | 08:26 WIB
Masjidil Haram /pexels R24/tya Masjidil Haram /pexels
Bea Cukai

RIAU24.COM - Sudah banyak kejadian jemaah haji Indonesia terpisah dari rombongan dan tersesat di Masjidil Haram.

Untuk meminimalisir kejadian yang terus berulang tersebut, ada beberapa tips agar jemaah haji Indonesia tidak khawatir jika tersesat. Tips ini juga memungkinkan jemaah untuk dapat mengetahui jalan kembali ke penginapan.

Tips-tips berikut diambil berdasarkan pengalaman petugas haji di lapangan yang sangat sering menjumpai jemaah yang tersesat baik di lingkungan Masjidil Haram maupun di perjalanan menuju sektor masing-masing.

Baca juga: Monyet Disini Gunakan Batu Sebagai Mainan Seks Masturbasi

Berikut 5 tips untuk jemaah haji yang tersesat di lingkungan Masjidil Haram dan juga cara untuk pulang kembali menuju hotel penginapan masing-masing. Tips berikut merupakan panduan yang disampaikan oleh Petugas Haji Indonesia Divisi Transportasi Sektor 1, Mashuri Masyhuda, Makkah, pada Selasa (28/6/2022) dikutip dari laman haji.okezone.com.

1. Jemaah bisa meminta bantuan kepada petugas PPIH yang menggunakan seragam rompi hitam dan baju putih dengan logo merah putih di dada kanan. Untuk sektor khusus Masjidil Haram ada 6 pos jaga yang masing-masing ditempati 4 petugas.

2. Jika jemaah tidak menemukan petugas karena jumlahnya yang relatif terbatas, maka jemaah yang tersesat agar menghubungi sesama jemaah haji Indonesia yang lain meskipun berbeda asal dan tempat penginapannya.

Baca juga: REP-1, Kendaraan Dinas Rampasan Pertama Soekarno

3. Jika jemaah yang menemukan tidak bisa menjelaskan dan memberi petunjuk, maka jemaah haji yang tersesat sebaiknya mengikuti jemaah Indonesia tersebut sampai ke hotel penginapannya, lalu melapor ke petugas haji PPIH yang ada di hotel tersebut kemudian laporkan kondisinya. PPIH tim integrasi akan mengantar jemaah sampai ke tujuan yang dimaksud.

4. Jika jemaah tersesat di luar Area Masjidil Haram atau bahkan sampai ke pemukiman warga Arab Saudi, maka jemaah haji Indonesia harus menemui warga sekitar atau petugas keamanan yang terdekat, cukup menyampaikan bahwa Jemaah adalah ‘Hajji Indonesia’ jika tidak mampu berbahasa Arab. Umumnya mereka akan memberikan petunjuk bahkan ada yang bersedia mengantar sampai bertemu PPIH di pos-pos tempat bertugas.

5. Tips khusus yang lebih spiritual yaitu agar jemaah haji yang tersesat untuk bertawakkal kepada Allah SWT dan memperbanyak Istigfar bermunajat agar dimudahkan jalan pulang.


Informasi Anda Genggam


Loading...