Profil, Jenjang Karir dan Pencapaian Pesepakbola Rapinha, yang Jadi Buruan Bursa Transfer Klub Dunia

Zuratul
Rabu, 29 Juni 2022 | 09:08 WIB
Ilustrasi/leedsunited R24/zura Ilustrasi/leedsunited
Bea Cukai

RIAU24.COM - Raphael Dias Belloli (lahir 14 Desember 1996), atau yang lebih dikenal sebagai Raphinha, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Liga Premier Leeds United dan tim nasional Brasil.

Rapinha mengawai karier sepak bola profesional dengan kklub Avai. Ia kemudia bergabund dengan klub portugal Victoria Gumaraes pada Februari 2016.

Baca juga: Menebak Besaran Gaji Luis Mila di Persib

Pada mei 2018, Rapinha kemudian bergabung ke Sporting Lisbon. Dua musim bersama Sporting Lisbon, ia berhasil meraih gelar juara Piala Portugal dan Piala Liga Portugal.

Pada 2019 ia kemudian bergabung dengan klub Ligue 1 Rennes. Ia bermain selam dua musim dengan klub tersebut sebelum bergabung ke Leeds United pada oktober 2020.

Rapinha tampil perdana untuk timnas Brasil pada oktober 2021.

Berikut Profil Rapinha.

Nama: Raphael Dias Belloli

Tempat Lahir: Porto Alegre, Brasil

Tanggal Lahir: 14 Desember 1992 (26 Tahun)

Kebangsaan Brasil

Klub: Leeds United

Posisi: Penyerang

No Punggung: 10

Tinggi Badan: 176cm

Pasangan: Taia Rodriguess

Instagram: @raphinha

Raphinha memiliki nama asli Raphael Dias Belloli saat ini menjalin hubungan kekasih dengan Taia Rodriguess.

Tidak jarang Raphinha juga membagikan momen bersama kekasihnya itu di akun instagram @raphinha. Penggemar dapat mengikuti Raphinha di akun instagram @raphinha yang telah bertanda centang biru atau diverifikasi oleh pihak Instagram sebagai akun asli.

Itulah profil dan biodata Raphinhapemain Leeds United asal Brazil yang dikabarkan jadi incaran Barcelona lengkap dengan awal karir debut hingga akun instagram.

KARIR KLUB

Avai

Dilansir dari bola.net, pada usia 18 tahun, Raphinha memulai karirnya dengan tim U-20 Avaí di Campeonato Brasileiro Série A pada tahun 2014. Setelah cedera, ia tidak dapat masuk skuat tetapi terus berlatih sendiri.

Meskipun minat yang meningkat pada Raphinha dari banyak klub top Brasil, Avaí terus mempertahankannya hingga 2016, di mana ia tampil mengesankan di Copa São Paulo de Futebol Júnior.

Vitoria Guimaraes

Pada 2 Februari 2016, Raphinha menandatangani kontrak dengan klub Portugal Vitória Guimarães, yang telah dibina di Copa São Paulo de Futebol Júnior oleh Deco, yang mengontraknya ke agensinya, D20 Sports, dan mengatur transfernya ke Vitória.

Dia melakukan debut untuk Vimaranenses pada 13 Maret 2016 melawan Paços de Ferreira.

Sporting CP

Pada Mei 2018, ia pindah ke klub Portugal Sporting CP hingga 2019. Ia melakukan debut pada 12 Agustus melawan Moreirense. Dia mencetak gol pertamanya untuk klub pada 20 September 2018 melawan FK Qarabag dalam kemenangan 2-0 di Liga Eropa UEFA 2018–19.

Baca juga: Bintang Real Madrid Casemiro, Dikabarkan Tiba di MU Hari Ini

Rennes

Dia menandatangani kontrak dengan klub Prancis Rennes pada 2019, dengan biaya transfer sekitar €21 juta, rekor penandatanganan klub. Dia mencetak delapan gol dan memperoleh tujuh assist selama waktunya di klub.

Leeds United

Pada 5 Oktober 2020, ia bergabung dengan Leeds United dengan kontrak empat tahun dengan biaya yang tidak diungkapkan yang dilaporkan sekitar £17 juta, atau sekitar €20 juta. Pada 19 Oktober 2020, ia melakukan debut sebagai pemain pengganti babak kedua saat kalah 1-0 dari Wolverhampton Wanderers.

Raphinha mencetak gol pertamanya musim ini pada 21 Agustus 2021, dalam pertandingan kandang pertama Leeds.

KARIR INTERNASIONAL

  • Brazil (2021 –)

Pada 7 Oktober 2021, Raphinha melakukan debut penuhnya untuk tim nasional, masuk sebagai pemain pengganti di babak pertama dalam kemenangan comeback 3-1 melawan Venezuela. Dia membantu dua gol dan memenangkan penalti dalam 45 menit di lapangan, menerima pujian dari pakar olahraga dan penggemar.


Informasi Anda Genggam


Loading...