Ternyata Ada Batas Waktu Potong Rambut dan Kuku Bagi yang Ingin Berkurban Idul Adha

Hilda Sari Wardhani
Rabu, 29 Juni 2022 | 14:27 WIB
Batas potong kuku dan mencukur rambut bagi umat muslim yang hendak berkurban/net R24/hilda Batas potong kuku dan mencukur rambut bagi umat muslim yang hendak berkurban/net
Bea Cukai

RIAU24.COM Idul Adha sudah dalam hitungan hari. Dikabarkan sidang Isbat akan dilaksanakan pada Rabu (29/6/2022) untuk menetapkan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban.

Ternyata ada sunnah yang mengatakan hukum mencukur rambut dan memotong kuku untuk umat muslim yang hendak mengikuti kurban.

Baca juga: Perang Dimana-mana, Inilah Pengertian Hari Kiamat Manurut Islam dan Tanda Kedatangannya 

Perbedaan pun terjadi dalam beberapa pandangan di kalangan ulama.

Mengutip dari pikiran-rakyat.com, ada yang memperbolehkan bahkan melarang melakukan dua kegiatan tersebut untuk orang yang akan berkurban atau hewan yang dijadikan kurban.

Dalam hadist dijelaskan, hukum seseorang menjelang Idul Adha yang hendak berkurban ialah dianjurkan tidak memotong kuku dan rambutnya ketika sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah.

"Apabila telah masuk sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, dan salah seorang dari kalian telah berniat untuk berkurban, maka janganlah ia memotong rambutnya dan kulitnya sedikitpun." (HR. Muslim).

Mengenai hal tersebut, maka dinyatakan penetapan waktu terakhir diperbolehkan mencukur rambut dan memotong kuku bagi yang hendak berkurban.

Menurut kalender islam, hari Rabu (29/6/2022) merupakan hari terakhir. Maka, pada hari Rabu itu pula ditetapkan menjadi batas akhir untuk mencukur dan memotong kuku.

Baca juga: Inilah 9 Bahan Alami Atasi Rambut Rontok, Berikut Cara dan Tipsnya

Singkatnya, satu hari sebelum masuk ke bulan Dzulhijjah masih dibenarkan untuk mencukur rambut dan kuku. Hal itu juga menjadi salah satu sunnah menjelang Idul Adha agar mendapatkan penampilan rapi dan bersih.

Sementara itu, larangan selanjutnya ialah pada Tanggal 10, 11, dan 12 Juli 2022 atau 11, 12 dan 13 Dzulhijjah 1443 adalah hari Tasyrik atau haram untuk melakukan puasa.*


Informasi Anda Genggam


Loading...