Bisa Menghasilkan Berbagai Karya dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat, Korem 031/WB Lounching Mesin Serut Lidi Sawit

Dahari
Rabu, 29 Juni 2022 | 18:49 WIB
Peluncuran mesin lidi sawit R24/hari Peluncuran mesin lidi sawit
Bea Cukai

RIAU24.COM -Demi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Korem 031/wirabima, Rabu 29 Juni 2022 meluncurkan mesin serut lidi sawit. Mesin serut lidi sawit tersebut diluncurkan agar balutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) meningkat.

Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung didampingi Gubernur Riau H Syamsuar mengungkapkan bahwa, alat penyerut lidi sawit itu diperkenalkan sekaligus secara resmi diluncurkan guna meningkatkan potensi UMKM masyarakat.

Kemudian, bisa menghasilkan berbagai karya dan produk kerajinan yang bernilai jual tinggi berbahan dasar lidi sawit.

Baca juga: Mahasiswi KKN Desa Tanjung Punak Ruput dan Orang Tuanya Meninggal Tersambar Petir

"Sebagaimana pula diketahui, provinsi riau merupakan salah satu wilayah dengan vegetasi sawit yang melimpah. Selain tandan buah segarnya, lidi sawit juga dapat dijadikan berbagai alat dan produk kerajinan berwujud sapu lidi, piring, vas bunga, bahkan produk produk kerajinan lainnya sangat menjanjikan untuk dikembangkan,"ungkap Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung.

Menurutnya, dengan memandang potensi tersebut, peluncurkan mesin serut sawit agar masyarakat, khususnya para pengrajin lidi sawit lebih mudah dan cepat dalam melepas helai daun dari lidi sawit tersebut. 

Kemudahan dari penggunaan mesin ini jelas sangat efisien dan menunjang produktifitas hasil kerajinan dan produk keterampilan dengan berbahan dasar lidi sawit.

Dengan adanya peluncuran mesin serut lidi sawit tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto yang hadir saat peluncuran mesin mengutarakan bahwa, dimana kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah memiliki hamparan komoditas kelapa sawit yang luas dan berpotensi untuk dikembangkan berbagai produk dan kerajinan berbahan dasar lidi sawit. 

“Tentunya dengan peluncuran mesin serut lidi sawit ini, masyarakat di Kabupaten Bengkalis sangat terbantu. Proses pengikisan daun dari lidi jauh lebih instan dan tentunya hemat waktu,"ujar Letkol Inf Endik Y H.

Baca juga: Upacara HUT RI ke 77 di Kabupaten Bengkalis Berlangsung Khidmat

Pun demikian, ujarnya, produktifitas dalam menghasilkan berbagai produk kerajinan lidi sawit akan lebih cepat serta semaksimal mungkin saat dikerjakan. 

"Kelimaknya, nilai perekonomian dan UMKM masyarakat akan lebih maju dan mensejahterakan banyak masyarakat. Dan Kodim 0303 Bengkalis tentunya sangat mengapresiasi peluncuran mesin serut lidi sawit oleh Korem 031/WB ini, semoga bermanfaat dan mendatangkan nilai ekonomi mumpuni bagi masyarakat, terkhusus pelaku UMKM pada jajaran Korem 031, terkhusus bagi masyarakat di Kabupaten Bengkalis dibawah naungan Kodim 0303,” pungkasnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...