Tahukah Anda, Inilah Ikan Red Devil Asal Danau Toba yang Digemari Pecinta Ikan Hias

Devi
Jumat, 01 Juli 2022 | 09:58 WIB
Foto : PortalKudus.com R24/dev Foto : PortalKudus.com
Bea Cukai

RIAU24.COM - Ikan Red Devil merupakan ikan yang kini sedang marak untuk dijadikan ikan hias dalam aquarium. Ikan Red Devil atau Amphilophus labiatus adalah ikan cichlid besar yang endemik di Danau Managua dan Danau Nikaragua di Amerika Tengah. 

Ia juga dikenal dengan nama umum cichlid Red Devil, yang sama dengan cichlid lain yang terkait erat, A. citrinellus.

Warna pada Ikan Red Devil liar bervariasi dan sebagian besar  berwarna abu-abu hingga hijau keabu-abuan, beberapa spesimen berwarna merah muda, merah atau putih memang ada.Pigmentasi hitam di bintik-bintik atau pita juga umum terjadi.

Baca juga: Bisa Mendamaikan Perselisihan, Ini 4 Keistimewaan Bersedekah yang Wajib Kamu Ketahui

Beberapa spesimen memiliki bibir yang membesar, meskipun kondisi ini dianggap terkait dengan preferensi pilihan makanan tertentu di habitat aslinya karena sifat ini menghilang di penangkaran.

Seperti kebanyakan cichlid, A. labiatus memiliki perawatan induk yang canggih. Spesies ini membentuk pasangan monogami yang bertelur di bebatuan atau batang kayu yang rata.

Baca juga: Misteri Kota Gaib di Indonesia, Ari Lasso Heran Penontonnya Sempat Hilang

Dalam perdagangan akuarium A. labiatus sering dijual dengan nama dagang setan merah, nama umum yang mereka bagikan dengan Amphilophus citrinellus, yang lebih tepat dikenal sebagai Midas Cichlid karena warnanya yang kuning.


Red Devil
Informasi Anda Genggam


Loading...