Kabupaten Siak Contoh Barometer Kota Layak Anak Tingkat Nasional

Lina
Jumat, 01 Juli 2022 | 16:54 WIB
Wabup Siak Husni Merza bersama tim KLA verifikasi lapangan KLA R24/lin Wabup Siak Husni Merza bersama tim KLA verifikasi lapangan KLA
Bea Cukai

RIAU24.COM - Wakil Bupati Siak Husni Merza sambut Tim Pelaksana Verifikasi Lapangan (VL) evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2022 di ruangan kerja Wakil Bupati.

Baca juga: Warga Desa di Siak Bekerja Sama dengan Mahasiswa UNRI dalam Pembuatan Kebun Toga

"Alhamdulillah Kabupaten Siak mendapat peringkat Utama tingkat Nasional. Tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang didampingi oleh Dinas PPA Provinsi akan melakukan verifikasi lapangan terhadap cluster-cluster seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas, infrastruktur taman bermain anak," kata dia.

"Harapan kami tentunya menghimbau kepada OPD terkait untuk komitmen menyediakan fasilitas dan pelayanan ramah anak, serta menghimbau kepada seluruh masyarakat baik organisasi agar dapat mendukung kegiatan ini,"sambung dia.

Tim VL ini terdiri dari Asisten deputi perumusan kebijakan perlindungan khusus anak Budi Mardaya, Kabid kelembagaan tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak Provinsi Riau, Sri Gemala Melayu.

"Kami apresiasi kabupaten siak menjadi barometer Kota Layak Anak di provinsi Riau, karena belum 10 tahun sudah mencapai peringkat tertinggi menerima Piagam dan Piala Penghargaan Kota Layak Anak."ucap Budi Mardaya.

Pada tahun 2013, tambah dia, Kabupaten Siak mengikuti KLA dengan predikat Pratama, kemudian naik Madya dan di tahun lalu naik menjadi Nindya.

"Provinsi Riau sangat mengapresiasi atas kontribusi kabupaten Siak sebagai kota Layak Anak, ini merupakan penunjang program provinsi Riau 2024 menuju Provinsi Layak Anak, dari 12 kabupaten kota hanya 1 kabupaten yang belum mendapat Kabupaten Layak Anak", ungkap Kabid Sri Gemala Melayu.

Sementara itu Asisten deputi perumusan kebijakan perlindungan khusus anak, Budi Mardaya menambahkan penilaian indikator KLA; 1 Kelembagaan terdiri 5 Kluster Kelembagaan, di antaranya ; Hak Sipil Kebebasan, Lingkungan Keluarga Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar n Kesejahteraan, Pendidikan Pemanfaatan waktu luang dan kegiatan Budaya, Perlindungan Khusus.

Baca juga: Launching 100 Gerobak Z-Chicken pada kegiatan Bujang Kampung di Merempan Hilir

"Untuk itu kami hari ini melihat secara langsung terkait program-program yang telah dihasilkan, artinya kabupaten Siak komitmennya sangat tinggi dan kami dari pusat sudah melakukan verifikasi."ujar Budi Mardaya(lin)


Informasi Anda Genggam


Loading...