Tepok Jidat! Presiden yang Satu Ini Berjanji Akan Lindungi Perempuan Aborsi

Azhar
Minggu, 03 Juli 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet R24/azhar Ilustrasi. Sumber: Internet
Bea Cukai

RIAU24.COM - Lantaran mendapatkan dukungan dari warganya atau 60 persen orang dewasa, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjanji akan melindungi hak perempuan untuk melakukan aborsi.

Alhasil, Presiden Biden mengaku menyesali keputusan Mahkamah Agung setempat untuk membatalkan Roe v. Wade dikutip dari liputan6.com, Minggu, 3 Juli 2022.

Roe V. Wade sendiri merupakan putusan tahun 1973 yang menjamin hak konstitusional seorang wanita untuk melakukan aborsi.

Baca juga: Hakim India Menolak Pengaduan Pelecehan Seksual Wanita Karena Dia Mengenakan 'Pakaian Sexy'

"Saya bisa merasakan kemarahan publik atas pengadilan ekstremis ini, yang berkomitmen untuk membuat Amerika mundur dengan hak yang lebih sedikit, otonomi yang lebih sedikit, dan politisi yang menyerang keputusan yang paling pribadi," ujarnya.

Agar aborsi menjadi legal di Amerika, Biden mengatakan dibutuhkan dua anggota dewan dari Partai Demokrat untuk mengubah aturan yang sebelunya melarang praktik aborsi.

Baca juga: Reputasi Will Smith Anjlok Setelah Insiden Tamparan Oscar

Dengan begitu, RUU bisa disahkan yang akan mengkodifikasi hak aborsi di AS.

Sebelum praktik aborsi menjadi legal, Biden memperingatkan warganya karena pihak berwenang di negara bagian kapan saja bisa menangkap mereka yang ingin melakukan praktik tersebut.


Informasi Anda Genggam


Loading...