Moge Dikawal Polisi di Tol Pekanbaru - Bangkinang, Polda Riau: Masih Dalam Pengerjaan, Siapa Saja Boleh Lewat Dengan Izin

Chairul Hadi
Minggu, 03 Juli 2022 | 12:13 WIB
Foto yang beredar adanya Moge melintas di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang (Istimewa) R24/hadi Foto yang beredar adanya Moge melintas di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang (Istimewa)
Bea Cukai

RIAU24.COM - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau angkat bicara terkait melintasnya konvoi motor gede (Moge) di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang, dengan mendapat pengawalan kepolisian.

Polisi menjelaskan bahwa jalan tol yang dilintasi oleh konvoi Moge ini masih dalam pengerjaan. Atas dasar itu, siapa saja boleh lewat dengan izin pihak terkait.

"Jalan yang dilintasi adalah jalan proyek (jalan tol) yang masih dalam pengerjaan sehingga siapa saja boleh lewat dengan seizin HK (Hutama Karya) dengan persyaratan tertentu terutama faktor keamanan pengguna jalan," terang Kabagbinops Ditlantas Polda Riau Kompol Ruri Prastowo. 

"Karena jalan tersebut masih dalam pengerjaan, untuk faktor keamanan maka dilakukan pengawalan," yakin dia, Minggu 3 Juli 2022. Ia pun membenarkan, bahwa pengalawan konvoi moge dilakukan oleh jajaran Ditlantas Polda Riau.

Kompol Ruri melanjutkan, jalan yang dilintasi konvoi Moge yang dikawal aparat kepolisian tersebut belum merupakan jalan tol, karena belum berbayar dan masih menjadi jalan khusus, di mana kewenangan ke luar dan masuk lokasi tergantung pihak pembuat jalan.

"Definisi jalan (umum) berdasarkan UU no 22 tahun 2009, pasal 1 angka 12 adalah jalan yang sudah nyata-nyata sudah dipergunakan untuk lalu lintas umum," pungkasnya.

Informasinya, rombongan moge tersebut merupakan peserta acara Sumatera Bike Week yang perhelatannya digelar di Provinsi Sumatera Barat.

Adanya konvoi moge di jalan tol ini sontak jadi pertanyaan masyarakat, apakah moge dibenarkan melewati jalan tol, apalagi masih dalam pengerjaan. Ditambah lagi, jalan tol Pekanbaru - Bangkinang bukan akses jalan satu-satunya di jalur lintas barat Riau - Sumbar.


Informasi Anda Genggam


Loading...