Cara Menambah Tinggi Badan dan Faktor Penyebab Tubuh Sulit Tumbuh

Amerita
Senin, 04 Juli 2022 | 00:01 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi
Bea Cukai

RIAU24.COM - Faktor genetik sangat menentukan seberapa tinggi Anda nantinya. Anda bisa bertambah tinggi dengan makan makanan yang seimbang, cukup tidur, dan aktif, tetapi tetap tidak ada jaminan.

Beberapa faktor berkontribusi pada tinggi badan Anda secara keseluruhan. Diperkirakan bahwa faktor genetik menyumbang 60 hingga 80 persen dari tinggi tubuh Anda. 

Faktor lingkungan tertentu, seperti nutrisi dan olahraga, biasanya merupakan sisanya.

Antara usia 1 hingga masa pubertas, kebanyakan orang bertambah tinggi sekitar 2 inci setiap tahun. Setelah pubertas, Anda mungkin tumbuh dengan kecepatan 4 inci per tahun. Namun, setiap orang tumbuh dengan kecepatan yang berbeda.

Untuk anak perempuan, percepatan pertumbuhan ini biasanya dimulai pada awal masa remaja. Anak laki-laki mungkin tidak mengalami peningkatan tinggi badan yang tiba-tiba ini sampai akhir masa remajanya.

Tubuh akan berhenti tumbuh tinggi setelah Anda melewati masa pubertas. Ini berarti bahwa sebagai orang dewasa, Anda tidak mungkin menambah tinggi badan Anda.

Namun, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sepanjang masa remaja untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan potensi pertumbuhan Anda. 


Informasi Anda Genggam


Loading...