Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Amerita
Senin, 04 Juli 2022 | 00:03 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi
Bea Cukai

RIAU24.COM Mual adalah perasaan tidak nyaman di perut yang membuat Anda merasa seperti akan muntah. 

Mual bisa dipicu oleh virus, kondisi pencernaan, kehamilan, atau bahkan bau yang tidak sedap.
Sering kali, tidak jelas mengapa mual menyerang.

Apa pun alasannya, saat terkena, Anda akan melakukan hampir semua hal untuk menghilangkannya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari dan mengurangi perasaan mual.

1. Jangan langsung berbaring setelah makan
 
Saat Anda berbaring selepas makan, cairan lambung dapat naik dan meningkatkan perasaan mual dan ketidaknyamanan secara keseluruhan, terutama jika Anda menderita penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

2. Buka jendela

Pernahkah saat Anda merasa mual di dalam mobil Anda refleks membuka jendela untuk menghirup udara segar? Nah ini ada alasannya.

Udara segar dapat meredakan gejala mual pada banyak orang, meskipun tidak jelas mengapa. Ini mungkin menghilangkan bau yang memuakkan, atau mungkin hanya membantu Anda fokus pada sesuatu selain mual.

3. Terapkan tekanan

Akupresur adalah terapi alternatif yang melibatkan pemberian tekanan ke area tertentu pada tubuh untuk meringankan berbagai masalah.

Satu tinjauan literatur dari 23 studi menemukan bahwa akupresur efektif untuk mengelola mual pada16 dari 23 studi itu, terutama pada orang hamil dan mereka yang menjalani kemoterapi. 

Titik tekanan untuk mual ada di pergelangan tangan bagian dalam Anda, sekitar 2,5 inci (6,4 sentimeter) ke bawah. Ada keyakinan umum bahwa menekan titik tekanan ini selama beberapa menit dapat meredakan mual.
4. Meditasi atau tarik napas dalam-dalam

Meditasi, praktik memfokuskan dan menenangkan pikiran, dapat membantu meredakan mual.

Sebuah studi pada 2015 terhadap 86 wanita hamil yang mengalami mual dan muntah menemukan bahwa meditasi rutin secara signifikan mengurangi mual.

Tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyimpulkan secara pasti apakah meditasi bermanfaat untuk menghilangkan mual.

7. Tetap terhidrasi

Jika Anda tidak bisa makan atau minum karena mual, dehidrasi bisa terjadi. Sebaliknya, mual juga merupakan gejala dehidrasi.

Saat Anda merasa mual, jika memungkinkan, minumlah cairan. Jika air putih membuat perut Anda mual, cobalah minum teh tanpa kafein, atau air dengan irisan buah segar.


Informasi Anda Genggam


Loading...