Penembakan Terjadi di Pusat Perbelanjaan Denmark, 3 Orang Tewas Beberapa Terluka

Amastya
Senin, 04 Juli 2022 | 11:45 WIB
Ilustrasi /Reuters R24/tya Ilustrasi /Reuters
Bea Cukai

RIAU24.COM - Polisi menangkap seorang etnis Denmark berusia 22 tahun atas pembunuhan tiga orang dalam serangan senjata di ibu kota Denmark.

Sedikitnya tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan di ibukota Denmark, Kopenhagen.

Inspektur Polisi Soren Thomassen mengatakan kepada wartawan bahwa seorang pria Denmark berusia 22 tahun ditangkap atas penembakan hari Minggu dan didakwa dengan pembunuhan.

Dia mengatakan tidak ada indikasi bahwa ada orang lain yang terlibat dalam serangan itu, dan mengatakan bahwa terlalu dini untuk berspekulasi tentang motif penembakan itu.

Baca juga: 2 Model Asal Myanmar Terjerat Hukuman 15 Tahun Penjara Setelah Posting Video Cabul

Serangan itu mengguncang Denmark pada akhir minggu yang menyenangkan, tepat setelah menjadi tuan rumah tiga tahap pertama dari balapan sepeda Tour de France. Acara tersebut telah mengirim ratusan ribu orang Denmark yang bersorak ke jalan-jalan di seluruh negeri.

“Denmark dilanda serangan kejam pada Minggu malam. Beberapa terbunuh. Juga ada yang terluka. Keluarga yang tidak bersalah berbelanja atau makan di luar. Anak-anak, remaja dan dewasa...” kata Perdana Menteri Mette Frederiksen dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam dikutip dari Aljazeera.

“Ibukota kami yang indah dan biasanya sangat aman berubah dalam hitungan detik,” katanya. “Saya ingin mendorong Denmark untuk berdiri bersama dan saling mendukung di masa sulit ini,” lanjutnya.

Penembakan itu terjadi pada sore hari di Field's, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Skandinavia dan terletak di pinggiran ibukota Denmark.

Ketika tembakan terdengar, beberapa orang bersembunyi di toko-toko sementara yang lain melarikan diri dengan panik, menurut saksi mata.

“Ini murni teror. Ini mengerikan,” kata Hans Christian Stoltz, konsultan IT berusia 53 tahun, yang membawa putrinya untuk melihat penyanyi Inggris Harry Styles tampil di konser yang dijadwalkan Minggu malam di dekat mal.

Media lokal menerbitkan gambar yang menunjukkan petugas polisi bersenjata lengkap di tempat kejadian, serta orang-orang berlarian keluar dari mal.

Baca juga: Viral di Twitter! Setelah 8 Tahun Alami KDRT, Wanita India Ini Bunuh Diri di Amerika Serikat

Thomassen mengatakan para korban termasuk seorang pria berusia 40-an dan dua anak muda, tanpa memberikan rincian. Beberapa lainnya terluka, tiga di antaranya kritis.

Inspektur mengatakan polisi menerima laporan pertama tentang penembakan pada pukul 17:37 (15:37 GMT) dan menangkap tersangka 11 menit kemudian.

Penembakan itu terjadi hanya lebih dari seminggu setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di luar sebuah bar gay di Oslo di negara tetangga Norwegia, menewaskan dua orang dan melukai 21 lainnya.

Itu juga merupakan serangan senjata terburuk di Denmark sejak Februari 2015, ketika seorang pria berusia 22 tahun tewas dalam baku tembak dengan polisi setelah melakukan penembakan di ibu kota yang menyebabkan dua orang tewas dan lima petugas polisi terluka.


Informasi Anda Genggam


Loading...