DPRD Riau Minta Pemerintah Adakan Pasar Murah Untuk Stabilkan Kenaikan Kebutuhan Pokok

Riko
Senin, 04 Juli 2022 | 19:03 WIB
Abu Khoiri R24/riko Abu Khoiri
Bea Cukai

RIAU24.COM - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran saat ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi, seperti halnya harga cabai yang menyentuh hingga diharga Rp100 ribu lebih perkilogram. 

Baca juga: Kota Siak Kembali Raih Penghargaan Kota Bersih

Terhadap hal ini, Anggota komisi II DPRD Riau bidang perindustrian dan perdagangan Abu Khoiri meminta pemerintah dalam hal dinas terkait segera mengontrol kenaikan harga tersebut. Karena kondisi saat ini sudah meresahkan masyarakat.

"Kita minta pemerintah segera mencarikan solusinya untuk menstabilkan harga cabe ini. Karena kenaikan komoditi ini sudah lama dan dikeluhkan masyarakat,"ujarnya.

"Dinas Pertanian juga diminta pro aktif melihat potensi kenaikan harga-harga komoditas pertanian dengan memberdayakan petani lokal untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Riau yang terjangkau,"tambahnya. Senin (4/7/2022).

Disisi lain, Abu Khoiri juga mengusulkan untuk dilakukan pengendalian harga kebutuhan pokok, seperti halnya meminta dinas terkait untuk melaksanakan atau mengadakan pasar murah ditempat-tempat strategis yang dapat dijangkau oleh masyarakat.

"Selain itu juga melakukan operasi pasar secara rutin minimal pertiga bulan dan memperbaiki sarana prasana pasar yang ada agar menjadi memadai,"katanya.

Aboi sapaan Abu Khoiri juga menyoroti terkait dengan persoalan harga jelang lebaran Idul Adha ini. Kata Dia pemerintah harus segera mencari solusi untuk jangka pendek dan jangka panjang dalam persoalan harga kebutuhan pokok.

"Apalagi ini menjelang lebaran Idul Adha. Pemerintah harus segera berbuat terhadap kenaikan beberapa harga sembako,"pungkasnya.

Baca juga: Jadi yang Pertama, Riau Resmikan Rumah Kebangsaan Simbol Toleransi Keberagaman

Sementara itu berdasarkan data dari Disperindag kota Pekanbaru, pada hari Senin 1 Juli 2022, selain cabe, komoditi pangan lainya juga mengalami kenaikkan seperti daging ayam ras yang naik menjadi Rp30 ribu. 

 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...