Haji 2022: ‘Rp100 Ribu Jokowi’ Menggema di Depan Hotel Jemaah Indonesia, Apa yang Terjadi?

Amastya
Selasa, 05 Juli 2022 | 08:07 WIB
Pedagang yang mengatakan Rp100 ribu Jokowi di depan hotel jemaah haji Indonesia /MPI/okezone.com R24/tya Pedagang yang mengatakan Rp100 ribu Jokowi di depan hotel jemaah haji Indonesia /MPI/okezone.com
Bea Cukai

RIAU24.COM - Berbagai kejadian unik selalu terjadi selama musim ibadah haji. Kali ini nama presiden Indonesia, Jokowi sering digemakan di depan hotel jemaah haji Indonesia disertai ungkapan kata Rp 100 ribu.

Ternyata perkataan ini berasal dari pedagang yang sedang berjualan di depan hotel jemaah Indonesia yang sedang menawarkan dagangannya kepada para jemaah.

“Rp50 ribu Jokowi, Rp100 ribu Jokowi,” Teriak pedagang yang menawarkan barang dagangannya kepada jamaah haji Indonesia.

Pedagang tersebut menggelar lapak dagangannya di area depan sekitar hotel sektor 2, Syisyah, Makkah. Mereka mulai berjualan dari pukul 04.00 waktu Arab Saudi (WAS) hingga 08.00 WAS.

Baca juga: Ria Ricis Berikan Jawaban Menohok saat Dirinya Disalahkan soal Badan Anak yang Tak Gembul

Proses jual beli yang terjadi pada pasar kaget yang berlokasi di depan hotel ini dibatasi, bahkan biasanya  ada petugas seperti Satpol PP untuk menertibkannya.

Lebih uniknya pedagang yang berjualan bukanlah dari Indonesia, melainkan warga lokal Arab Saudi maupun pendatang yang bisa berbahasa Indonesia. Namun, juga ada satu atau dua pedagang dari Indonesia yang merupakan mukimin.

Para pedagangan menawarkan segala jenis barang, mulai dari makanan, pakaian, kopiah, sorban, parfum, asesoris hingga mainan.

Untuk diketahui maksud dari kata Rp50 ribu Jokowi dan Rp100 ribu Jokowi itu adalah pedagang tersebut menerima pembayaran menggunakan mata uang Rupiah, namun mereka juga menerima dengan mata uang Riyal.

"3 baju Rp200 ribu Jokowi, halal," kata pedagang kepada jemaah haji Indonesia, Senin (4/7/2022) yang dikutip dari laman haji.okezone.com.

Pasar kaget yang benar dadakan tersebut bernuansa cukup meriah. Dimana para pedagang berlomba-lomba menawarkan dagangannya dan menarik perhatian jemaah haji Indonesia dari yang termurah hingga diskon. Seperti pasar pada umumnya, jemaah haji juga menawar harga barang yang diinginkan sehingga terjadilah timbal balik jual beli.

Baca juga: Prilly Latuconsina Sukses Buat Netizen Iri saat Dirinya Jalan Bareng Henry Lau  

"Ayo, diskon! Rp50 ribu Jokowi, Rp100 ribu Jokowi, " ucap para pedagang.

Sumardi, salah satu jemaah haji Indonesia asal Riau, embarkasi Batam (BTH 05) sempat membeli makanan dan sorban di pasar tersebut. Setelah proses tawar menawar, akhirnya Sumardi mendapatkan 4 sorban dengan harga Rp100 ribu Jokowi.

"Saya beli makanan, tadi beli juga sorban. Tadinya 3 sorban Rp100 ribu, saya tawar jadi 4 sorban Rp100 ribu," kata Sumardi. Ia juga menambahkan harga barang dagangan yang dijual di pasar kaget tersebut bervariasi, mulai dari 1 riyal hingga 25 riyal.


Informasi Anda Genggam


Loading...