Prabowo Subianto Akan Diusung Bakal Capres 2024 Oleh Gerindra, Kapankah?

Amastya
Selasa, 05 Juli 2022 | 10:39 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto /sindonews.com R24/tya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto /sindonews.com
Bea Cukai

RIAU24.COM - Partai Gerindra telah menetapkan ketua umum mereka, Prabowo Subianto akan diusung menjadi capres dalam Pilpres 2024 mendatang.

Partai Gerindra akan mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres 2024 pada akhir Juli 2022.

Sufmi Dasco Ahmad selaku Ketua Harian DPP Partai Gerindra, menyampaikan saat ini pengurus dan kader Gerindra tengah meminta kesediaan dari Prabowo yang menjadi tokoh utama dalam hal ini.

"Saat ini Prabowo Subianto baru diminta akan kesediaannya untuk dikukuhkan menjadi capres dari Gerindra melalui Rapimnas yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Juli 2022," kata Dasco dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022) dikutip dari laman sindonews.com.

Baca juga: Begini Takutnya KontraS Jika Tentara Benar-benar Bisa Jadi Pejabat Sipil Lagi

Sufmi menyampaikan bahwa deklarasi mendatang hanya sebagai penentu capres saja, soal siapa cawapresnya nanti akan menyusul kemudian.

"Jadi siapa calon presiden dan siapa calon wakil presiden dari Partai Gerindra menunggu waktu dan akan dilakukan sesuai mekanisme partai, seluruh pengurus dan kader sangat paham itu," tegasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra memastikan bahwa Prabowo Subianto bakal maju ke Pilpres 2024. Pernyataan tersebut untuk menepis anggapan yang menyebut ketua umumnya itu tidak akan maju sebagai capres 2024 melainkan hanya sebagai king maker.

“Anggapan yang mengatakan bahwa Pak Prabowo dalam Pilpres 2024 memilih menjadi king maker dan kemungkinan tidak akan maju adalah anggapan yang keliru. Karena beliau adalah capres RI dalam Pilpres 2024 yang akan maju dan diusung Gerindra," kata Ahmad Muzani selaku Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra dalam pernyataannya di sebuah video, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Ketika Anies Baswedan yang Sudah Pergi Kerja, Tapi Dituduh Masih di Rumah

Muzani menyebutkan Partai Gerindra juga tengah berkonsentrasi untuk mencari waktu dan tempat yang tepat untuk mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Ia juga menegaskan bahwa acara deklarasi ini penting sebagai penegasan atas usulan yang selama ini disuarakan oleh kader-kader Gerindra dari mulai tingkat kelurahan hingga nasional.

"Oleh karena itu, penegasan tentang capres dari Partai Gerindra yang hanya satu, tunggal, dan bulat yakni Prabowo Subianto akan kita formulasikan dalam deklarasi capres yang diusung Gerindra, yang akan kita tentukan dalam beberapa bulan mendatang," pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...