Berapa Lama Umur Kucing dan 5 Tahap Kehidupannya

Amerita
Kamis, 07 Juli 2022 | 23:10 WIB
ilustrasi R24/ame ilustrasi

RIAU24.COM Kucing mungkin tidak benar-benar memiliki sembilan nyawa, tetapi faktor-faktor seperti diet, perawatan kesehatan, dan lingkungan dapat berdampak pada berapa lama seekor kucing dapat hidup.

Sementara itu, kucing yang dikebiri cenderung hidup lebih lama karena sterilisasi mampu mencegah penyakit reproduksi dan kucing yang dikebiri cenderung tidak berkeliaran.

Meskipun bergantung pada banyak hal, termasuk keberuntungan, beberapa kucing domestik dapat hidup hingga usia 20 tahun. 

Selama hidupnya, kucing akan melalui lima tahap kehidupan utama yang dapat membantu pemilik memahami masalah kesehatan/perilaku tertentu yang dapat muncul dan hal-hal yang harus diperhatikan.

Anak kucing (hingga enam bulan)
Ini adalah tahap terbaik untuk memperkenalkan kucing Anda pada banyak hal baru seperti hewan peliharaan lainnya, kebisingan rumah tangga, dimandikan, serta membiasakannya dengan anak-anak.

Junior (enam bulan – dua tahun)
Kucing Anda akan mencapai ukuran penuh selama periode waktu ini dan akan mencapai kematangan seksual.

Perdana (tiga – enam tahun)
Seperti yang ditunjukkan oleh nama fase ini, kucing Anda akan berada di puncak kehidupannya selama tahun-tahun ini. Saat mereka masih muda dan sehat, tetap penting untuk memastikan bahwa kucing Anda tetap mendapatkan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan untuk membantu mencegah penyakit apa pun.

Dewasa (tujuh – 10 tahun)
Pada usia ini, kucing Anda akan menjadi kucing yang setara dengan seseorang berusia pertengahan empat puluhan hingga pertengahan lima puluhan.

Ini berarti bahwa Anda mungkin melihatnya mulai melambat dan mereka cenderung menambah berat badan. Sangat penting untuk memantau konsumsi makanan mereka dengan hati-hati sehingga mereka memiliki jumlah yang tepat untuk tingkat aktivitas mereka. 

Geriatri (15 tahun ke atas)
Kucing geriatri perlu dipantau lebih dekat untuk setiap perubahan perilaku mereka; ini dapat mencakup hal-hal seperti vokalisasi dan frekuensi pergi ke toilet. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa maka yang terbaik adalah membuat janji dengan dokter hewan.


Kucing
Informasi Anda Genggam


Loading...