Apa Saja Jasa Shinzo Abe Pada Jepang Sebelum Tewas Didor Saat Kampanye

Azhar
Jumat, 08 Juli 2022 | 22:50 WIB
Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Sumber: BBC R24/azhar Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Sumber: BBC

RIAU24.COM - Tak ada yang menduga, Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat menyampaikan pidato di Nara, barat Jepang, Jumat, 8 Juli 2022.

Sepanjang hidupnya, kesuksesan terbesar yang pernah diraih Abe adalah mengantarkan Jepang pada kebijakan moneter dikutip dari cnnindonesia.com.

Sekaligus membuat fiskal negara itu untuk keluar dari kemandekan ekonomi. Alhasil, kesuksesan itu mengerek reputasi Abe di level internasional.

Baca juga: Tragis, Remaja 16 Tahun Tewas di Dekat Halte Bus di Yerusalem

Sebelum mundur dari PM, Abe diduga sakit karena dua kali kedapatan mengunjungi rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Sebelum ini Abe pernah bekerja di perusahaan Kobe Steel. Namun pada 1981, Abe memutuskan keluar dan menjadi asisten sang ayah, Shintaro Abe, yang didapuk menjadi menteri luar negeri.

Dia lalu mengikuti jejak ayahnya bergabung dengan Partai Demokratik Liberal (LDP). Sejak itu dia bergelut dengan politik. Abe pertama kali lolos menjadi anggota parlemen Jepang (Diet) dari wilayah konstituen Yamaguchi, sama seperti mendiang ayahnya.

Karier politiknya dengan dukungan LDP terus melesat hingga menjadi Wakil Kepala Sekretaris Kabinet pada Juli 2000. Lima tahun kemudian dia terpilih menjadi Kepala Sekretaris Kabinet.

Baca juga: Pencopet di Sekitar Menara Eiffel Jadi Tantangan Berat Bagi Pihak Kepolisian Paris Sebelum Olimpiade 2024

Setahun berlalu Abe berhasil terpilih menjadi perdana menteri mengalahkan pesaing politiknya, Taro Aso dan Sadakazu Tanigaki.

Tak berapa lama Abe mundur pada 2007 akibat kondisi kesehatan. Dia lalu maju kembali pada 2012 dan menjabat sebagai perdana menteri sampai 2020.


Informasi Anda Genggam


Loading...