PSSI Pertimbangkan Indonesia Keluar dari AFF? Shin Tae-yong: Sarankan Gabung EAFF

Zuratul
Kamis, 14 Juli 2022 | 07:45 WIB
Shin Tae-yong pelatih Timnas Sepakbola Indonesia Asal Korea Selatan/twitter R24/zura Shin Tae-yong pelatih Timnas Sepakbola Indonesia Asal Korea Selatan/twitter

RIAU24.COM - Desakan supaya Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mundur dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) berembus kencang. 

Penyebabnya karena adanya dugaan praktik sepakbola gajah di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 yang merupakan matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Baca juga: Lionel Messi Tegas Qatar 2022 akan Menjadi Piala Dunia Terakhir Baginya 

Dalam laga tersebut, Vietnam dan Thailand seperti ogah-ogahan melakukan tekanan ketika skor sama kuat 1-1. Sebab, skor 1-1 sudah cukup meloloskan keduanya ke semifinal Piala AFF U-19 2022, sekaligus mengentikan langkah Timnas Indonesia di fase grup.

“Sudah saatnya Indonesia keluar dari AFF. Ya sudah kentara banget sih AFF itu emang sarangnya mafia. Enggak heran kalau Indonesia kalah di final. Yang pegang Indonesia itu banyak dan bandar enggak mau rugi,” tulis akun Twitter @TegarJuel.

“Bagaimana kalau Timnas indonesia keluar dari AFF. Sebab, Piala AFF U-19 2022 tidak ada di agenda FIFA. apalagi sekarang terjadi "Match Fixing,” tulis akun @ChannelMuran.

Dikutip dari okezone.com, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sudah mendengar desakan supaya PSSI dan Timnas Indonesia mundur dari AFF. Karena itu, PSSI meminta AFF tegas menyikapi masalah ini.

Baca juga: Tampil Maksimal Sosok Lionel Messi Dianggap Menjadi Pemain Terbaik Oleh  Verratti

‘’Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF,” kata Mochamad Iriawan mengutip dari laman resmi PSSI.

“Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,’’ tutup pria yang biasa disapa Iwan Bule ini.

Jika benar keluar dari AFF, bakal pergi ke mana PSSI? Selain AFF, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menaungi empat federasi lain. Sebut saja CAFA (zona Asia Tengah), EAFF (zona Asia Timur), SAFF (zona Asia Selatan) dan WAFF (zona Asia Barat).

Namun, jika mengacu kepada geografis, Timnas Indonesia bisa bergabung dengan East Asian Football Federation (EAFF). Untuk EAFF sendiri terdapat 10 negara di dalamnya.

Mereka ialah Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Taiwan, Mongolia, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Hong Kong dan Makau. EAFF sendiri berdiri sejak 2002.

Jika benar pindah ke EAFF, pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yong, bisa menjalankan perannya. Sebab, Shin Tae-yong berasal dari Korea Selatan yang merupakan salah satu anggota EAFF.

Tak sampai di situ, Shin Tae-yong bahkan pernah membantu Timnas Korea Selatan juara EAFF Football Championship 2017, atau Piala AFF-nya Asia Timur.

Saat itu menggunakan sistem round robin, Shin Tae-yong membawa Timnas Korea Selatan menjadi juara setelah mengungguli Jepang, Korea Utara dan China di ronde terakhir.


Informasi Anda Genggam


Loading...