Mengenal PSE Kominfo yang Berani Ngancam-ngancam Google di Indonesia

Azhar
Senin, 18 Juli 2022 | 19:35 WIB
PSE Kominfo. Sumber: Internet R24/azhar PSE Kominfo. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Google terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kata-kata itu yang kini masih terngiang-ngiang oleh masyarakat.

Tak hanya Google, Kemenkominfo juga mengancam akan memblokir WA, Instagram jika perusahaan teknologi lokal maupun asing itu enggan mendaftar paling lambat hingga 20 Juli 2022.

Ancaman ini dilontarkan berkaitan dengan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang dicanangkan Kominfo dikutip dari suara.com, Senin, 18 Juli 2022.

Lalu apa itu PSE Kominfo?

Baca juga: Musk Sebut Apple Mengancam Akan Memblokir Twitter Dari App Store

PSE adalah singkatan dari penyelenggara sistem elektronik sedangkan PSE Kominfo adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada pengguna sistem elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain.

Berdasarkan Permen Kominfo No. 5/2022, adapun kategori PSE yang wajib mendaftarkan diri ke Kominfo yaitu:

1. PSE yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan penawaran dan/atau perdagangan barang dan/atau jasa seperti Lazada maupun Shopee.

2. PSE yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan transaksi keuangan misalnya Link Aja dan DANA.

3. PSE yang pengiriman materi atau muatan digital berbayar melalui jaringan data baik dengan cara unduh melalui portal atau situs, pengiriman lewat surat elektronik, atau melalui aplikasi lain ke perangkat Pengguna Sistem Elektronik misalnya aplikasi streaming film dan musik seperti Netflix dan Spotify.

4. PSE yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan  dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial misalnya WhatsApp, Instagram, TikTok, Telegram, Facebook, Twitter hingga Gmail.

Baca juga: Rayakan Era Jaringan Baru, Collabonation Tour Bersama Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas Hadir Menyapa Kota Medan

5. Layanan mesin pencari, layanan penyediaan Informasi Elektronik yang berbentuk tulisan, suara, gambar, animasi, musik, video, film, dan permainan atau kombinasi dari sebagian dan/ atau seluruhnya misalnya Google.

6. PSE yang melayani pemrosesan Data Pribadi untuk kegiatan operasional melayani masyarakat yang terkait dengan aktivitas Transaksi Elektronik.

Untuk PSE yang sudah mendaftarkan diri seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia, Ovo, TikTok, Resso, Spotify, Capcut, Helo, Dailymotion, Mi Chat, dan Linktree.


PSE Kominfo
Informasi Anda Genggam


Loading...