Kepintaran Manusia Ungkap Kapan Datangnya Kiamat

Azhar
Rabu, 20 Juli 2022 | 13:36 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet R24/azhar Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Pakar astronomi radio dari Jodrell Bank Center for Astrophysics di University of Manchester, Dr Alastair Gunn membeberkan waktu terjadinya kiamat.

Menurutnya, tanda-tanda kiamat diawali ketika bahan bakar termonuklir Matahari, yakni hidrogen, menipis di intinya, selubung luarnya akan mulai mengembang.

Dalam fase evolusi ini, Matahari akan kehilangan massa dalam jumlah yang signifikan, yang berarti orbit Bumi juga akan meluas dikutip dari okezone.com, Rabu, 20 Juli 2022.

Baca juga: Musk Sebut Apple Mengancam Akan Memblokir Twitter Dari App Store

"Tetapi jangan khawatir, kehancuran Bumi yang menghanguskan ini masih jauh: sekitar 7,59 miliar tahun di masa depan, menurut beberapa perhitungan," ujarnya.

Sebelum tiba waktunya, Bumi menurutnya akan bertahan dan tetap mengorbit di sekitar Matahari raksasa merah yang tengah membengkak.

Saat itu juga peluruhan orbit alami Bumi juga akan bergabung dengan sisa-sisa Matahari yang mati.

Dugaan lainnya yakni terjadinya ketidakstabilan orbit di Tata Surya.

Baca juga: Rayakan Era Jaringan Baru, Collabonation Tour Bersama Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas Hadir Menyapa Kota Medan

Kondisi itu pada akhirnya menyebabkan tabrakan dahsyat antara Bumi dan salah satu planet terestrial lainnya seperti Merkurius, Venus, atau Mars.

Meskipun seperti itu, kemungkinan itu terjadi hanya sekitar satu persen selama lima miliar tahun ke depan atau lebih.


Kiamat Bumi
Informasi Anda Genggam


Loading...